28.5 C
New York
Tuesday, June 18, 2024

2 SD Negeri di Deli Serdang Ditutup, Dana BOS Tetap Dikucurkan?

Deli Serdang, MISTAR.ID

Kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 101917 Desa Serdang dan SDN 101923 Ramunia, Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang dihentikan secara permanen karena ketiadaan pelajar.

Sehingga pengelolaan kedua gedung sekolah tersebut akan diserahkan kepada SDN yang berada di dekatnya.

Pun begitu, informasi diperoleh menyebutkan meski tidak beroperasi sejak bulan September 2023 silam, akan tetapi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) diduga masih dikucurkan.

Baca juga:Tindaklanjuti SE Disdik Deli Serdang, SD Negeri 106182 Laksanakan Pesantren Kilat

Namun tahun 2024 dana BOS yang diterima SDN 101923 Ramunia telah disuruh kembalikan. Sementara SDN 101917 Desa Serdang disebut-sebut hingga akhir 2023 tetap menerima dana BOS.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Deli Serdang, Syamsuar Sinaga membenarkan kedua SDN tersebut ditutup dikarenakan ketiadaan siswa-siswi.

Hanya Samsuar membantah jika kedua sekolah yang sudah tutup itu masih menerima dana BOS.

Baca juga:Oknum Kepala SD Negeri di Dairi Diduga Gelapkan Dana PIP 2023

“Data sekolah dikirim pertengahan 2023 dalam keadaan siswa-siswi sekolah tersebut sudah tidak ada lagi. Jadi dari mana datangnya dana BOS masih diterima pihak sekolah, sementara pelajarnya sudah tidak ada lagi,” bantah Samsuar ketika dikonfirmasi beberapa hari lalu.

Akan tetapi penjelasan Samsuar diragukan sejumlah warga maupun para orang tua yang anaknya pernah bersekolah di kedua SDN tersebut.

“Ucapan oknum di birokrat agak sulit untuk kita percayai,” kata sejumlah wali murid yang pernah anaknya bersekolah di sekolah yang telah tutup tersebut, pada Sabtu (8/6/24). (sembiring/hm16)

Related Articles

Latest Articles