15.9 C
New York
Friday, August 23, 2024

Tingkatkan Produksi Ikan, DPKPP Dairi Akan Maksimalkan BBI Silancang Sumbul

Dairi, MISTAR.ID

Guna peningkatan produksi ikan, Balai Benih Ikan (BBI) Silancang Kabupaten Dairi akan segera diperbaiki secara maksimal.

Hal itu diutarakan Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Dairi, Robot Simanullang, Jumat (23/8/24).

“BBI Silancang Sumbul akan dimaksimalkan tahun ini mengingat potensi sumber daya air sangat mencukupi di lokasi. Sekarang kondisi kolam sebanyak 15 petak, dan saat ini hanya 4 petak yang layak digunakan untuk dikelola,” ujarnya.

Baca juga : Anggaran Rp500 Juta untuk Paskibraka di Dairi Disebut Minim

Sehingga kini, lanjutnya, sedang dilakukan uji coba untuk pengaktifan dengan menabur indukan dan anak ikan.

“11 kolam lainnya dalam kondisi rusak mengalami kebocoran, retak, pecah karena termakan usia juga akibat bencana longsor,” sebutnya.

Baca juga : Antisipasi Darurat Pangan 2024, Pemkab Dairi Galakkan Petani Kejar Target

Untuk itu, Robot Simanullang berharap kedepan BBI Silancang dapat dipelihara secara bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada.

“Yang pasti, BBI Silancang sangat potensial untuk mendukung peningkatan produksi ikan melalui penyediaan benih untuk dapat diakses masyarakat. Pembudidaya ikan dengan harga benih jauh di bawah harga pasar dan hasilnya nanti menjadi sumber pendapatan asli daerah,” pungkasnya. (manru/hm18)

Related Articles

Latest Articles