19.1 C
New York
Wednesday, September 18, 2024

Sempat Diblokir, Camat SPP Dairi Sayangkan Ulah Perusahaan Pertambangan

“Mengenai hal pemblokiran jalan itu pun kita dapat info setelah berita terbit di sejumlah media. Makanya Forkopimcam sedang merencanakan melakukan pertemuan warga dengan PT DPM guna mencari tau duduk permasalahan. Tetapi PT DPM yang kita hubungi tidak merespon sama sekali,” ujar Edwin.

Untuk menanggapi pernyataan Camat itu, Government Relation dari perusahaan pertambangan PT Dairi Prima Mineral (DPM), Yusril Harahap saat dihubungi mistar.id berulang-ulang tidak menjawab dan memilih bungkam.

Diberitakan sebelumnya, warga sempat tutup (blokade) akses jalan menuju lokasi tambang milik PT Dairi Prima Mineral (DPM) di Manjolor Desa Longkotan Kecamatan Silima Punggapungga Kabupaten Dairi, Senin (16/9/24).

Baca juga : Proyek APBN Berbiaya Rp1,7 Miliar di Dairi Terancam Putus Kontrak

Blokade jalan tersebut dilakukan warga dengan cara memalangkan kursi di jalan saat dilintasi alat berat. Terlihat sejumlah warga menghalau alat berat dengan alasan karena aktivitas alat berat dan truk yang melintas di daerah itu sangat mengancam keselamatan warga.

Di lapangan, berbagai informasi diperoleh media kejadian pemblokiran yang sempat dilakukan warga itu dipicu berbagai tuntutan kepada PT DPM, diantaranya seperti tuntutan ganti rugi lahan, tanaman, permukiman yang sangat terdampak atas kegiatan PT DPM dan kegiatan dimaksud ada menyebabkan polusi, kerusakan tanaman dan menimbulkan sejumlah penyakit akibat debu. (manru/hm18)

Related Articles

Latest Articles