16.4 C
New York
Monday, September 30, 2024

Pemkab Kenalkan Pariwisata Dairi Melalui Pesta Budaya Njuah-njuah 2024

Dairi, MISTAR.ID

Pj Bupati Dairi, Surung Charles Lamhot Bantjin mengatakan melalui Pesta Budaya Njuah-njuah 2024, potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Dairi dapat berkembang dan dikenalkan ke seluruh nusantara.

“Pesta Njuah-Njuah ini diharapkan dapat menggali dan mengembangkan potensi daerah kita, khususnya dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.  Pariwisata memiliki karakteristik yang selaras dengan pelestarian alam, seni, dan budaya,” kata Surung sekaligus membuka resmi Pesta Budaya Njuah-njuah 2024 di Gedung Djauli Manik Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (30/9/24).

Jika kita mampu melestarikan kekayaan budaya ini, maka bukan hanya budaya yang lestari, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui potensi ekonomi kreatif,” tambahnya.

Pesta Budaya Njuah-Njuah merupakan acara perayaan syukur masyarakat Kabupaten Dairi atas berkat kehidupan dari Yang Maha Kuasa berdasarkan tradisi dan nilai-nilai keluhuran Budaya   Pakpak.

Baca juga: Antusias Masyarakat Tinggi dan Dongkrak Ekonomi Kreatif, Pesta Budaya Njuah-njuah Dairi 2022 Sukses

Syukur ini dalam sejarahnya menyangkut keberhasilan panen hasil pertanian dan keamanan dan silaturahmi yang senantiasa tetap terjaga antar komunitas maupun kelompok yang ada di masyarakat.

Seiring dengan berjalannya waktu, perayaan ini semakin berkembang sebagai salah satu sarana mewariskan dan melestarikan Budaya Pakpak kepada generasi muda baik dalam hal adat istiadat, tulisan, tari, musik dan tradisi yang lainnya dengan kemasan yang lebih menarik sesuai  perkembangan jaman.

Pesta Budaya Njuah-Njuah tahun ini dilaksanakan sampai esok hari, acara ini tentunya akan menyuguhkan banyak hal menarik yang erat kaitannya dengan budaya sehingga penting untuk kita ikuti bersama dimulai dari Kirab Budaya, Upacara adat seperti Gotap Persantabian, Pagelaran Seni Budaya, Perlombaan dan banyak pertunjukan budaya lokal lainnya.

“Tahun ini Pesta Njuah-Njuah dilaksanakan bertepatan dengan proses tahapan Pilkada sedang berlangsung. Kami mengimbau seluruh elemen masyarakat dan pemerintah dapat bekerja sama menjaga perdamaian, keamanan dan ketertiban. Serta menjunjung integritas dalam keterlibatan dan partisipasi bersama,” tambahnya. (manru/hm20)

 

Related Articles

Latest Articles