25.7 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Kompolnas ke Polres Tanah Karo, Cek Penyelidikan Tewasnya Sempurna Pasaribu

Karo, MISTAR.ID

Kompolnas menemui Plh Kapolres Tanah Karo, AKBP Oloan Siahaan perihal kebakaran rumah yang menewaskan wartawanan, Sempurna Pasaribu bersama istri, anak dan cucunya pada Kamis (26/6/24) yang lalu.

Ketua Harian Kompolnas Irjen Pol (Purn) DR. Benny Jozua Mamoto, kedatangannya bersama rombongan pada Selasa (2/7/24), untuk mengecek dan mengumpulkan informasi terkait proses penyelidikan yang dilakukan Polres Tanah Karo. Untuk masalah ini, pihaknya juga memberi masukan.

“Kedatangan kita ke Polres Tanah Karo untuk menerima masukan-masukan apa yang telah dilakukan untuk pelayanan masyarakat sekaligus menerima paparan tentang penanganan kasus kebakaran rumah wartawan,” ujar Benny Mamoto.

Baca juga: KKJ Ungkap Kejanggalan Kematian Sempurna Pasaribu, 5 Pria Datang

Selain menemui Plh Kapolres Tanah Karo, Kompolnas juga meninjau rumah yang terbakar. Namun di lokasi it, Kompolnas tidak lama alasan karena hujan.

Sebelumnya, Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumatera Utara yang terdiri dari lembaga profesi jurnalis AJI Medan, IJTI Sumut, PFI Medan dan FJPI mendesak Polda Sumut untuk mengusut tuntas masalah ini.

Array A Argus selaku Koordinator KKJ mendesak Polda Sumut setelah melakukan verifikasi dan pendalaman terkait kasus kebakaran rumah wartawan tersebut. Di mana hasil investigasi ditemukan sejumlah fakta.

Sesuai informasi yang dikumpulkan, KKJ mendapati bahwa kasus kebakaran terjadi setelah korban memberitakan perjudian yang ada di Jalan Kapten Bom Ginting, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Baca juga: KKJ Desak Polda Sumut Usut Kasus Kematian Sempurna Pasaribu

Dalam pemberitaan yang dimuat korban, dijelaskan dengan gamblang adanya keterlibatan oknum aparat berinisial HB. Bahkan, korban juga sempat diminta untuk menghapus berita.

Selain itu, korban juga sempat merasa tidak aman sehingga berencana untuk tinggal sementara di Polres Tanah Karo.

Perlu diketahui, Sempurna Pasaribu tewas terbakar bersama keluarganya di dalam rumah sekaligus warung kelontong miliknya di Jalan Nabung Surbakti, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kamis (27/6/2024) sekitar pukul 03.00 WIB.

Peristiwa ini turut merenggut nyawa istrinya Elfrida Ginting (48), putranya Sudi Investigasi Pasaribu (12), dan seorang cucunya laki-laki yang Loin Situngkir (3). (eva/hm17)

Related Articles

Latest Articles