18.2 C
New York
Monday, June 17, 2024

Jalan Rusak karena Truk Over Tonase Bebas Melintas, Warga Sidikalang Mengeluh

Dairi, MISTAR.ID

Warga Kabupaten Dairi mengeluhkan kerusakan sejumlah ruas jalan di Kota Sidikalang yang menjadi penyebab kemacetan. Warga semakin mengeluh dengan keberadaan ratusan truk pengangkut batu yang over tonase bebas melintas, tepatnya di Jalan Hasoman dan Jalan Trikora Sidikalang.

Warga kini semakin kecewa karena truk-truk yang melintas semakin memperparah kerusakan jalan. Sejumlah warga mengaku sangat khawatir melintas apalagi truk-truk yang melintas kerap beriringan tanpa berjarak. Sementara di sisi lain pemerintah tak kunjung memberikan perhatian.

“Sering kali arus lalu lintas macet gegara saling menghindar  jalan rusak dan berlubang di sini. Apalagi truk batu itu melintas secara ramai-ramai tanpa jarak (kompoi) membuat arus lalu lintas macet, sehingga tak jarang nyaris terjadi kesalahpahaman sesama warga  pengendara,” kata salah seorang warga yang mengaku marga Manurung.

Terpisah, sebagian besar sopir truk batu yang dicoba dikonfirmasi perihal muatan saat melintas di lokasi, mengaku bahwa muatan truk jenis Isuzu Elf dan Canter roda enam rata-rata di atas 10 ton. Batu yang diangkut berasal dari Kecamatan Siempat Nempu dan Lae Parira  tujuan Medan dan daerah lainnya.

Baca juga: Pengorekan Jalan di Sidikalang Akibatkan Kecelakaan, Begini Gerutu Korban ke Pemkab Dairi

Menanggapi keluhan warga, Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Dairi, Tetap Rajagukguk menyebutkan bahwa pihaknya sudah berulang kali menyurati pengusaha angkutan dan pengusaha tambang termasuk supir, untuk tidak mengoperasi truk melebihi tonase yang sudah ditentukan. Namun imbauan itu tak diindahkan, sopir terkesan membandel dan kebal hukum.

“Larangan melalui surat itu, juga sebagai pedoman dimensi bak muatan dan jumlah berat yang diijinkan untuk kendaraan bermotor, guna mendukung dalam pelaksanaan kebijakan zero Over Dimension and Over Loading (ODOL) dalam rangka mengurangi infrastruktur jalan dan jembatan (rusak), serta untuk menjamin keselamatan pengendara di jalan umum terutama di Kota Sidikalang Kabupaten Dairi khususnya” kata Tetap sambil berjanji dalam waktu dekat ini truk muatan over tonase yang melewati Kota  Sidikalang segera ditertibkan .(manru/hm17)

Related Articles

Latest Articles