17 C
New York
Saturday, October 26, 2024

Geliat Pembangunan di Masa EKAB, Warga Sepakat Menangkan Eddy-Depri di Pilkada 2024

Dairi, MISTAR.ID

Warga masyarakat Kabupaten Dairi, khususnya warga Kecamatan Pegagan Hilir dan Kecamatan  Siempat Nempu Hulu(Sinehu) sepakat untuk memenangkan Calon Bupati Eddy Kelleng Ate Berutu dan Wakilnya Depriwanto Sitohang(Eddy-Depri) di Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) serentak yang akan dihelat 27 November 2024 mendatang.

Kesepakatan itu disampaikan oleh puluhan perwakilan masing-masing marga dan sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh pemuda dari wilayah  kedua  kecamatan  diatas  secara serentak  kepada media. Senin(21/10/24).

Masing-masing perwakilan warga dimaksud secara serentak menyampaikan secara deklarasi dukungan  kepada Eddy-Depri dengan alasannya tidak tanggung-tanggung.

Baca juga: Banyak Pembangunan di Dairi Terealisasi, Masyarakat Menilai EKAB Layak Dua Periode

Jonny Lingga didampingi keluarga besar marga Lingga Pegagan Hilir mencontohkan, alasan dukungan itu tidak terlepas dari sejumlah geliat pelaksanaan pembangunan di masa Eddy Kelleng Ate Berutu (EKAB) menjabat Bupati Dairi periode 2019-2024.

“Diantaranya pembangunan jembatan sepanjang 30 meter  X 6 meter di Sungai Lae Renun Dusun Borno Desa Sungai Raya yang pembangunannya sedang berlangsung, serta pelebaran jalan untuk menghubungkan akses jalan Kecamatan Sinehu ke Kecamatan Pegagan Hilir. Itu karya Pak EKAB,” tutur Jonny.

Pembangunan jembatan sepanjang 30 meter X 6 meter di Sungai Lae Renun Dusun Borno Desa Sungai Raya. (f:ist/mistar)

“Oleh karena itu, kami percaya bahwa  masyarakat  dua kecamatan ini pasti berupaya dan berjuang keras memenangkan Eddy -Depri untuk keberlanjutan pembangunan Dairi atau istilahnya jilid 2 demi keberlanjutan pembangunan.” sambung Jonny mengakhiri.

Selanjutnya, Chusen Simbolon, warga Sinehu juga menyampaikan hal yang sama dengan alasan wajah pembangunan di Sinehu seperti jalan hotmix, perbaikan bangunan gedung sekolah, sarana pelayanan kesehatan dan lainnya itu ada di jamannya EKAB sebagai Bupati Dairi.

Chusin mengakui, berdasarkan pembangunan itu jugalah masyarakat Sinehu sepakat mendukung pemenangan Eddy-Deppri di Pilkada.

Sebelumnya, warga Kabupaten Dairi akui EKAB banyak merealisasikan pembangunan saat menjabat Bupati Dairi periode 2019-2024. Sehingga, masyarakat menilai EKAB layak dipilih dua periode untuk keberlanjutan pembangunan Dairi.

“Kalau secara objektif kita menilai, Kabupaten Dairi di masa Pak EKAB sudah bagus. Lihat saja banyak pembangunan seperti infrastruktur atau jalan hotmix terealisasi, perpustakaan daerah keren, mengurus KTP mudah dan cepat, gedung pusat IKM di Barung-Barung, irigasi pertanian, Pelabuhan Paropo, pusat tenun ulos di Silalahi. Itu aja lah dulu. Sebelum-sebelumnya mana ada ini di Dairi,” ungkap Uwais Al Qorni, seorang pemuda Dairi di sebuah warung saat masyarakat berkumpul membicarakan figur dan elektabilitas calon bupati.

Baca juga: Demi Percepatan Pembangunan Berkelanjutan Kabupaten Dairi, Ribuan Pendukung Antar Bapaslon EKAB-Depriwanto Mendaftar ke KPU

Ditambahkan Al Qorni, tidak hanya pembangunan infrastruktur, EKAB  sebagai pemimpin juga terbukti mampu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Dairi. Oleh karena itu, Al Qorni mengajak warga masyarakat Dairi agar kembali memilih EKAB dengan pasangannya Eddy-Depri.

“Dari semua calon Bupati Dairi, hanya calon petahana EKAB yang sudah cukup terbukti berhasil dan sangat  layak memimpin Dairi untuk dua periode,” tukasnya.

Dilanjutkan warga lainnya, alasan dan argumen memilih EKAB bukan hanya sebatas ajakan. Namun juga berbasis data.

“Kita lihat sensus data Badan Pusat Statistik (BPS). Dimana, sepanjang 2019-2024, angka pembangunan manusia Dairi terus meningkat. Semua sudah terlihat pada data BPS. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Dairi menunjukkan angka pengangguran menurun, kemiskinan turun, harapan hidup meningkat, pendapatan masyarakat naik, daya beli orang naik, kemampuan orang sekolah juga naik. Jadi bagus, harus kita akui Bupati  EKAB yang pantas dimenangkan,” beber Al Qorni, mahasiswa STAIS Al Ikhlas itu. (manru/hm27)

Related Articles

Latest Articles