23.4 C
New York
Monday, August 5, 2024

APPKD Minta Kadishub dan Dirut PD Pasar Sidikalang Dicopot

Sidikalang, MISTAR.ID

Massa mengatasnamakan Asosiasi Pedagang Pasar Kabupaten Dairi (APPKD) melakukan demonstrasi di depan Kantor Bupati Dairi Jalan Sisingamangaraja Sidikalang, Senin (5/8/24).

Pengunjuk rasa meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi segera mencopot, juga mengganti Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Sidikalang dan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Dairi.

Adapun tuntutan APPKD adalah menolak kegiatan pasar di hari Senin di Pasar Kecamatan Sumbul. Aksi meminta kegiatan pasar dikembalikan menjadi hari Selasa.

Massa juga menolak pasar ilegal yang mengganggu ketertiban umum dan meminta pengawasan pusat pasar dilakukan pihak PD Pasar Kabupaten Dairi. Tuntutan yang ketiga, fasilitas umum, trotoar, badan jalan tidak digunakan menjadi tempat jualan.

Baca juga: Durian Sidikalang Melimpah di Jalan Jamin Ginting Medan

“Sat Pol PP dan Dishub agar selalu hadir dalam penertiban di sekitar pasar,” kata Ketua APPKD Manaek Simbolon dalam orasinya.

Lanjutnya, pihak APPKD pun meminta Dinas Perizinan melakukan inspeksi terhadap pedagang liar di sekitar masing -masing pasar karena hal itu juga berdampak kemacetan.

“Perketat aturan dan regulasi pedagang musiman. Juga jangan perbolehkan pedagang eceran selain pedagang makanan dan minuman. Menertibkan pedagang yang berjualan di badan jalan,” lanjutnya.

APPKD lakukan demonstrasi di depan kantor Bupati Dairi
APPKD lakukan demonstrasi di depan kantor Bupati Dairi. (f: manru/mistar)

Tuntutan lainnya, yakni menolak  pembayaran retribusi secara tahunan karena pasar tradisional. Terakhir, meminta Pemkab Dairi agar tidak memperjual belikan pakaian seragam sekolah, sepatu, mulai dari tingkat SD, SMP, SLTA.

Dalam aksi yang sama, para massa aksi juga menggelar teater yang menceritakan bagaimana derita pedagang Pasar Sidikalang yang mengaku sangat dirugikan setiap harinya karena adanya oknum pemangku kebijakan yang tidak bertanggung jawab, bahkan Pasar Sidikalang kerap menjadi lahan pungli.

Baca juga: Kepala Kejari Dairi Datangi RSUD Sidikalang, Ternyata Mau Cek Kesehatan

Massa aksi demo diterima Pj Sekda Dairi Jhonny Hutasoit didampingi Dinas Perindagkop Rinaldo, Kabag Perekonomian Lipinus Sembiring, Kabag Tata Pemerintahan Juliawan Rajagukguk, Kabag Umum Wandri Brutu dan Dirut PD Pasar Jhontony Sidabutar.

Hingga berita ini diterbitkan, demonstrasi masih berlangsung dan para orator belum memberikan kesempatan kepada Jhonny Hutasoit dan Jhontony Sidabutar untuk menanggapi tuntutan aksi. (manru/hm20)

Related Articles

Latest Articles