11.1 C
New York
Wednesday, February 28, 2024

BMKG Medan: Waspada Hujan Lebat Berpotensi Banjir dan Longsor di Daerah Ini!

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

“Kondisi itu berpotensi terjadi di wilayah lereng barat, pantai barat, pegunungan dan sebagian lereng timur Sumatera Utara,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho melalui Prakirawannya Utami Al Khairiyah, Sabtu (24/9/22).

Utami mengatakan, pagi hari hujan ringan terjadi di Kepulauan Nias, Madina dan sekitarnya. Siang hingga sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Baca Juga:BMKG Prakirakan Cuaca di Sebagian Kota Besar Indonesia Berpotensi Hujan

“Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara seperti Langkat, Binjai, Deli Serdang dan Medan. Dini hari hampir seluruh wilayah di Sumut berawan,” katanya.

Utami mengatakan, suhu udara terendah di Sumut hari ini 16.0⁰ C, suhu udara tertinggi mencapai 33.0⁰ C. Kelembaban udara 60 – 95%, sementara angin yang bertiup dari Barat Daya ke Barat Laut berkekuatan 10 – 30 km/jam.

Berdasarkan pantauan sensor modis (Satelit, Tera, Aqua dan NOAA20), terdapat empat titik panas (hotspot) yang terdeteksi di Sumut hari ini.

“Dua titik berada di Kecamatan Mardinding Kabupaten Tanah Karo, masing-masing satu titik terdeteksi di Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi dan Kecamatan Panei Hilir Kabupaten Labuhanbatu,” ucapnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles