30.1 C
New York
Friday, June 21, 2024

Jokowi Beli Sapi Seberat 860 Kg dari Binjai untuk Kurban Tahun Ini

Binjai, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membeli sapi untuk kurban hari raya Idul Adha 2024 dari peternak sapi Kota Binjai. Sapi yang berasal dari peternakan Bang Yanto (YT) Farm seberat 860 Kg terpilih menjadi sapi kurban yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha 2024 milik Presiden Indonesia, Joko Widodo di Sumatera Utara.

Sebelumnya, pada 2022 lalu sapi kurban berjenis Limousin milik Jokowi yang disembelih pada hari raya Idul Adha di Sumut, juga berasal dari peternakan YT Farm yang berada di Jalan Labu, Kelurahan Paya Roba, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai.

Pemilik peternakan Yanto mengaku bersyukur tak terhingga, jika sapi di peternakannya terpilih lagi menjadi sapi kurban milik Jokowi.

“Sapi kita berjenis Peranakan Ongole (PO) Kebumen biasanya kami bilang para peternak, terpilih kembali menjadi sapi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tahun 2024 untuk Sumut,” ujar Yanto, Jumat (14/6/24).

Perjuangan dirinya selama merawat sapi berjenis PO tak sia-sia. “Kami selama merawat sapi ini yang gak kenal lelah, sangat-sangat berjuang agar sapi gemuk sehat dan menjadi besar, dan terpilih menjadi sapi kurban Pak Jokowi di Sumut,” ujar Yanto.

Baca Juga : Hukum Kurban, Kriteria Hewan, dan Golongan yang Berhak Menerima

Yanto mengaku sapinya dirawat lebih kurang satu tahun. Pada waktu pertama kali ia membelinya belum sebesar seperti saat ini. “Pada waktu itu kondisi sapinya masih kurus, jadi di sini kami rawat betul-betul. Serta program perawatan dan pakan yang maksimal, sehingga menjadi sehat dan gemuk,” ucap Yanto.

Yanto mengatakan, berat sapi itu kurang lebih 860 Kg dan Jokowi membelinya seharga Rp90 juta. Tahapan pemeriksaan telah dilakukan sebelum sapi jenis PO milik Yanto terpilih menjadi sapi kurban Jokowi di Sumut.

“Ada pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter hewan, salah satunya sample darah, air liur, dan kotorannya. Saat ini sapi kami berusia 3,5 tahun,” ucap Yanto.

Menurut informasi, nantinya sapi milik Jokowi akan disembelih di Masjid Juang 45 Kota Medan. Yanto juga mengajak sesama peternak, agar saling sharing dan berbagi ilmu, agar tahun depan, peternak sapi lainnya terpilih menjadi sapi kurban Presiden Indonesia. (endang/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles