11.9 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Hujan Lebat, Ribuan Rumah di Binjai Terendam Banjir

Untuk menghindari jatuhnya korban dan hal hal yang tidak diinginkan, menurut Dedi, warga terdampak banjir berinisiatif mengevakuasi anggota keluarga dan memindahkan barang berharga ke tempat yang lebih aman.

“Harapan kami Pemko Binjai bisa melakukan pengerukan sedimen. Tujuannya supaya volume sungai kembali besar, sehingga air hujan bisa tertampung maksimal ke sungai,” ucapnya.

Berdasarkan laporan resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, hingga Rabu (9/10/24) korban terdampak banjir luapan Sungai Bangkatan dan Sungai Mencirim mencapai 1.231 Keluarga di 26 Lingkungan dari 6 Kelurahan.

Baca juga : Dua Sungai Meluap, Ribuan Rumah Terendam Banjir di Binjai

Rinciannya, Kelurahan Rambung Barat dengan 219 keluarga, Kelurahan Binjai Estate dengan 54 keluarga, Kelurahan Pujidadi dengan 74 keluarga, Kelurahan Setia dengan 656 keluarga, Kelurahan Kartini dengan 32 keluarga, serta Kelurahan Mencirim dengan 250 keluarga.

Beruntung tidak ada laporan mengenai korban jiwa dan korban luka akibat bencana ini. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Binjai, Rudi Iskandar Baroes, melalui Koordinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops), Muhammad Surya Wijaya mengakui sejauh ini Satgas BPBD Kota Binjai masih disiagakan di daerah terdampak banjir, untuk membantu proses evakuasi dan pembersihan.

“Koordinasi lintas sektoral secara masif terus kita lakukan, terutama dengan pemerintah kelurahan dan kecamatan, dengan dinas kesehatan, maupun dengan TNI-Polri. Selain itu, kita juga aktif memantau kondisi cuaca untuk memudahkan dilakukannya peringatan dini bagi warga,” ucap Surya. (endang/hm18)

Related Articles

Latest Articles