5.9 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

BI Sosialisasi Gerakan Cinta Rupiah ke Guru di Padangsidimpuan

Padangsidimpuan, MISTAR.ID

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sibolga melakukan sosialisasi Gerakan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah (CBP) kepada para guru SMA dan SMK di Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kepala BI Sibolga, Yuliansah Andrias di Padangsidimpuan, Senin (13/3/23) mengatakan, sosialisasi berbentuk training of trainers (ToT) bertajuk “Trainer CBP Rupiah untuk Masa Depan” dilakukan untuk memberikan edukasi dan pemahaman bagi masyarakat akan pentingnya fungsi dan peranan uang dalam perekonomian.

“Kita berharap melalui sosialisasi tersebut masyarakat dapat memahami ciri-ciri keaslian uang Rupiah,” katanya.

Baca Juga:Kukuhkan Mabsi Sibolga-Tapteng, Gubernur Edy Singgung Soal Sejarah Peradaban dan Potensi Masyarakat Multi Etnis

Yuliansah mengungkapkan, sosialisasi tersebut menyasar para guru sekolah sebagai peserta ToT, supaya bisa meneruskan informasi tersebut kepada siswa-siswa yang dalam kesehariannya banyak berinteraksi dengan uang rupiah.

“Kami mengharapkan peranan dari bapak dan ibu guru tadi untuk meneruskan informasi cinta, bangga dan paham rupiah tersebut kepada adik-adik kita di sekolah,” katanya.

Menurut Yuliansah, Bank Indonesia meningkatkan kualitas uang rupiah agar tidak mudah dipalsukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. “Ada caranya itu dengan menambahkan unsur-unsur pengaman yang lebih canggih dan terkini, yang banyak dipakai oleh bank sentral negara lain. Teknologi terkini di industri percetakan uang itu kita aplikasikan ke dalam uang Rupiah kita yang baru,” katanya.

Baca Juga:Implementasi Uji Coba Penerapan Subsidi Tepat di Sibolga dan Padangsidimpuan

Sementara Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengatakan, cinta dan bangga terhadap rupiah harus digelorakan melalui sekolah-sekolah.

Ia berharap sosialisasi tersebut tidak hanya dilakukan pada tingkat SMA/SMK tetapi juga dapat dilaksanakan pada tingkat SMP/MTS hingga SD/MI.(antara/hm15)

Related Articles

Latest Articles