24.5 C
New York
Monday, July 15, 2024

Suka Duka Pantarlih di Batu Bara, Dikejar Anjing Hingga Harus Datangi Kuburan

Batu Bara, MISTAR.ID

Berbagai kisah suka duka mewarnai Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) yang melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) ke rumah-rumah warga di Kabupaten Batu Bara.

Pantarlih Desa Simodong Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara Deni Junita Marpaung misalnya. Saat melakukan coklit, dia menemukan ada pemilih yang telah meninggal dunia, namun tidak dapat dibuktikan karena ketiadaan dokumen.

Ketika Pantarlih menanyakan kapan meninggal, keluarga tidak ingat sehingga dia mendatangi kuburan data pemilih itu untuk memastikan tanggal kematiannya. Kejadian serupa juga ditemukan di Desa Sei Suka Deras.

Lain pula yang dialami Pantarlih di Desa Kuala Tanjung, Brohol, Kuala Indah, Sei Suka Deras yang seluruhnya di Kecamatan Sei Suka. “Pantarlih sampai dikejar-kejar anjing saat mendatangi rumah warga yang akan dicoklit,” kenang Ketua PPK Sei Suka, Juniardi, Kamis (11/7/24).

Dirinya mengapresiasi kerja keras 101 Pantarlih di Kecamatan Sei Suka yang berjibaku dengan penuh tanggungjawab melaksanakan tugas pencoklitan. “Memang ini dilakukan untuk mengejar tenggat waktu Coklit dan memastikan seluruh pemilih potensial terdaftar dalam DPT Pilkada 2024,” terangnya.

Baca Juga : Sudah 80 Persen, KPU Batu Bara Optimis Coklit Rampung Tepat Waktu

Lain di Kecamatan Sei Suka lain pula kisah Pantarlih di Kecamatan Tanjung Tiram, khususnya Desa Bandar Rahmat dan Kelurahan Bagan Arya.

Karena jalur lewat darat tidak dapat dilalui, Pantarlih terpaka menaiki perahu untuk sampai ke pemukiman warga di Bandar Rahmat dan Bagan Arya. Belum lagi saat dicoklit, penghuni rumah tidak berada di tempat karena sedang menjalankan aktivitas sebagai nelayan.

“Pantarlih dengan sabar menunggu kembalinya warga yang hendak dicoklit. Bahkan karena pelaksanaan Coklit tidak tuntas hari itu, Pantarlih kembali mendatangi pemilih keesokan harinya,” timpal komisioner KPU Batu Bara, Sulianto.

Kepada wartawan, Sulianto mengatakan hingga Kamis 11 Juli 2024 pukul 12.00 WIB, pelaksanaan Coklit di Kabupaten Batu Bara sudah mencapai 88,84% atau 285.665 pemilih dari 321.552 data pemilih hasil sinkronisasi. “Jadi tinggal 35.887 pemilih atau 11,16% lagi,” sebut Sulianto. (ebson/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles