16.2 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Lebih 6.400 Pemilih Pemula Belum Miliki e-KTP di Batu Bara

Batu Bara, MISTAR.ID

Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Batu Bara tahun 2024 diketahui terjadi peningkatan jumlah pemilih dibanding DPT Pemilu serentak  Februari 2024 lalu.

“Ada peningkatan jumlah pemilih sebanyak kurang lebih 7.000 orang. Dari jumlah tersebut terdapat 6.400 lebih pemilih pemula yang belum memiliki elektronic KTP (e-KTP),” ungkap Plh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batu Bara Burhan kepada mistar.id, Rabu (2/9/24).

Terkait itu, Burhan mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batu Bara.

“Kemarin kita sudah berkoordinasi dengan Plt. Kadis Dukcapil Kabupaten Batu Bara, Rahmad Khaidir Lubis. Pada kesempatan tersebut, kita berharap sinergitas Disdukcapil Kabupaten Batu Bara dalam hal memberikan layanan khusus untuk perekaman e-KTP bagi pemilih pemula dan pemilih yang belum memiliki e-KTP,” terang Burhan.

Baca juga: Lansia dan Warga yang Sakit Bisa Buat e-KTP di Rumah

Lanjut Burhan, saat koordinasi pihaknya telah menyerahkan data by name by address yang belum memiliki e-KTP kepada Disdukcapil Kabupaten Batu Bara.

Burhan menerangkan, koordinasi untuk perekaman dan pembuatan e-KTP guna memastikan semua masyarakat yang sudah memenuhi syarat untuk memilih dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.

Terpisah, Plt. Kadis Dukcapil Kabupaten Batu Bara, Rahmad Khaidir Lubis menjelaskan pihaknya sangat mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024.

Sebagai bentuk dukungan, Rahmad Khaidir menjelaskan Disdukcapil Kabupaten Batu Bara telah dan akan terus melaksanakan roadshow layanan Dukcapil ‘Go To School’ dengan mengunjungi.

Baca juga: Lansia dan Warga yang Sakit Bisa Buat e-KTP di Rumah

SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Batu Bara untuk melakukan perekaman e-KTP langsung di sekolah yang dikunjungi.

Masih menurut Rahmad Khaidir, Disdukcapil juga telah meluncurkan Pelayanan Administrasi Kependudukan Mobil Keliling (Pak Moling) yang memberikan pelayanan bagi warga Desa termasuk perekaman e-KTP.

“Kegiatan Dukcapil ‘Go To School’ dan ‘Pak Moling’ merupakan upaya pemerintah, khususnya dalam percepatan kepemilikan e-KTP bagi pemilih pemula dan penduduk lainnya, baik yang berada di dalam maupun luar wilayah Kabupaten Batu Bara, dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024,” ungkap Rahmad. (ebson/hm20)

Related Articles

Latest Articles