23.9 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Kemendikbud RI Dukung Pemugaran Istana Niat Lima Laras Batu Bara

Batu Bara, MISTAR.ID

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Hilmar Farid, menyatakan dukungan atas pemugaran Istana Niat Lima Laras dalam hal bantuan perencanaan anggaran pemugaran.

Dukungan tersebut disampaikan Hilmar Farid, saat menerima audiensi Pj Bupati Batu Bara Nizhamul dan rombongan di kantor Kemendikbud di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, Kamis (7/3/24).

Kunjungan audiensi ke Kemendikbud tersebut disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Batu Bara Edwin Sitorus melalui Website Diskominfo Batu Bara.

Dikatakan Sitorus, pada audensi tersebut, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid meminta agar ditetapkan SK terlebih dahulu sebagai cagar budaya oleh Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul.

Baca juga: Situs Cagar Budaya Megalitik ‘Batu Gajah’ di Simalungun Butuh Perhatian Pemerintah

Lebih lanjut Hilmar Farid menjelaskan bahwa penetapan Istana Niat Lima Laras sebagai cagar budaya didasarkan pada rekomendasi hasil kajian tim pusat melalui tim ahli cagar budaya Provsu.

Dijelaskan Kadis Kominfo, audiensi yang dilakukan Pj Bupati terkait rencana pengembangan dan pengelolaan Istana Niat Lima Laras yang merupakan salah satu istana Kerajaan Melayu Pesisir yang berada di Desa Lima Laras, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara.

Dalam sambutannya Pj Nizhamul menyampaikan bahwa dirinya melihat ada potensi di Batu Bara yang salah satunya diyakini merupakan cagar budaya yaitu Istana Niat Lima Laras.

“Jadi kami sudah meninjau kondisi yang ada dan ketika kami masuk lalu mengelilingi Istana Niat Lima Laras ini, kondisinya sangat memilukan sudah lapuk termakan usia karena tidak adanya perawatan,” ucap Pj. Nizhamul kepada Dirjen Kebudayaan. (Ebson/hm20)

Related Articles

Latest Articles