8.5 C
New York
Friday, October 11, 2024

Warga Asahan Diimbau Gabung Koperasi daripada Terjerat Rentenir dan Pinjol Ilegal

“Setiap daerah memiliki potensi unggulan, baik itu komoditas, kerajinan, atau destinasi wisata. Koperasi harus menjadi pemain utama dalam mengelola potensi tersebut, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh anggotanya,” jelasnya.

Acara HUT Koperasi ke-77 di Kabupaten Asahan ini mengusung tema “Koperasi Maju, Indonesia Emas”, yang mencerminkan harapan untuk koperasi menjadi ekosistem yang mendukung konsolidasi, akselerasi, dan eskalasi ekonomi mikro.

Pjs Bupati Asahan juga menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada 17 koperasi berprestasi dan memberikan hadiah kepada para pemenang lomba tangkas terampil koperasi tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Asahan.

Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Asahan, Sofian Manulang menyampaikan koperasi dapat menjadi alternatif ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya di tengah maraknya pinjol ilegal.

Baca juga : OJK Ingatkan Masyarakat Menggunakan Pinjol Resmi Berizin OJK 

Sofian juga menekankan pentingnya generasi muda untuk ikut serta dalam Gerakan Masyarakat Sadar Berkoperasi (Gemaskop) agar koperasi dapat terus berkembang dan menjadi kekuatan ekonomi masyarakat di masa depan.

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Pjs Bupati Asahan yang disaksikan perwakilan Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan tamu undangan lainnya.

Dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan, pemerintah berharap masyarakat Asahan semakin sadar akan manfaat koperasi dan memilihnya sebagai solusi finansial yang lebih baik, sekaligus menjauhkan diri dari praktik-praktik ilegal seperti pinjol dan rentenir. (perdana/hm18)

Related Articles

Latest Articles