22 C
New York
Saturday, September 14, 2024

Perkuat Dakwah Islam, Muhammadiyah Sumut Gelar Pelatihan Mubaligh dan Mubalighat

Asahan, MISTAR.ID

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara (Sumut) mengadakan pelatihan Mubaligh dan Mubalighat Zona 4 yang diikuti perwakilan dari beberapa daerah seperti Asahan, Serdang Bedagai, Batu Bara, dan Tanjungbalai.

Acara yang berlangsung pada 13-15 September 2024 di Kisaran, Asahan itu digelar untuk memperkuat kualitas dakwah Islam di tengah perkembangan era digital.

Pelatihan ini mengambil tema “Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Mubaligh/Mubalighat yang Mencerahkan pada Era Digital dalam Memperkuat Umat yang Berkemajuan,” bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam dan kemampuan praktis kepada para mubaligh agar dapat lebih efektif dalam menyampaikan pesan dakwah di era modern.

Acara dibuka di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Asahan (STIEMA, Jumat, (13/9/24) sore, dihadiri para pimpinan Muhammadiyah serta peserta mubaligh dan mubalighat dari berbagai daerah di Sumatera Utara.

Baca Juga : Muhammadiyah Terima Konsesi Izin Tambang dari Presiden Jokowi

Koordinator Bidang Majelis Tabligh Muhammadiyah Zona 4, Rahmad Hidayat LC, enyoroti peran strategis mubaligh dalam menjaga keutuhan umat dan memastikan keberlanjutan dakwah hingga ke pelosok.

“Mubaligh memiliki peran penting dalam menjaga pondasi dakwah di berbagai daerah. Tantangan dakwah saat ini semakin kompleks, dan salah satu yang perlu diatasi adalah kekurangan mubaligh di wilayah-wilayah tertentu,” jelas Rahmad.

Ia mengatakan, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk membekali para mubaligh dengan keterampilan menggunakan teknologi dalam menyebarkan ajaran Islam.

Pelatihan ini dipandang sebagai langkah penting untuk mengatasi tantangan dakwah di era digital. Di tengah perubahan zaman, mubaligh dituntut untuk lebih adaptif dan mampu memanfaatkan teknologi sebagai sarana dakwah yang efektif. Para peserta diharapkan bisa menyampaikan pesan agama dengan lebih kreatif, relevan, dan mencerahkan, khususnya dalam menghadapi dinamika sosial masyarakat yang terus berkembang.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles