19.8 C
New York
Saturday, September 14, 2024

Bundo Kanduang Diharap jadi Organisasi yang Berkontribusi Positif

Asahan, MISTAR.ID

Bundo Kanduang adalah organisasi yang dikenal sebagai lembaga sosial budaya yang berasal dari masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat (Sumbar). Nama “Bundo Kanduang” merujuk pada gelar tradisional yang diberikan kepada perempuan dalam masyarakat Minangkabau yang memegang peranan penting dalam struktur sosial dan budaya.

Refni Dewita Jambak, Ketua Bundo Kanduang Asahan dalam rangka persiapan pelantikannya mengatakan, Bundo Kanduang di Kabupaten Asahan telah menggelar pertemuan penting dengan Bupati Asahan, H Surya di ruang kerjanya, Jumat (13/9/24).

Dalam kesempatan tersebut, Refni Dewita Jambak mengatakan pihaknya juga mengundang Bupati Asahan untuk menghadiri acara pelantikan yang akan dilaksanakan pada 21 September 2024, bertempat di Rumah Gadang Etnis Minang Jalan Taufan Gama, Kelurahan Sungai Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat.

“Insha Allah pelantikan akan dilaksanakan tanggal 21 September 2024, kami mengundang Bupati Asahan agar hadir dan menjadi kebanggan besar bagi warga Minang perantauan di Asahan,” ujarnya, Sabtu (14/9/24).

Baca Juga : Bupati Asahan Dapat Penghargaan Kualitas Keberagaman Budaya

Menanggapi audiensi tersebut, Bupati Asahan H Surya juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Bundo Kanduang dalam pembangunan Kabupaten Asahan yang telah menunjukkan komitmen untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan visi mereka, yaitu ‘Mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter’.

Bupati Asahan juga akan berusaha hadir dalam acara tersebut. Dia berharap agar Ketua Bundo Kanduang Kabupaten Asahan dapat menjalankan organisasi dengan baik dan efektif. “Saya berharap Bundo Kanduang dapat terus berkontribusi positif dan mendukung setiap program kerja pemerintah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Bundo Kanduang memiliki fokus pada pelestarian budaya, pendidikan, dan pemberdayaan perempuan Minang. Bundo Kanduang bertugas untuk menjaga dan meneruskan tradisi adat serta memberikan dukungan kepada komunitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Dalam konteks organisasi, Bundo Kanduang juga sering terlibat dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan, termasuk kerja sama dengan pemerintah dan lembaga lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (perdana/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles