18.2 C
New York
Saturday, June 29, 2024

7 Bulan Tak Gajian, Sejumlah Kades di Palas Mengeluh

Padang Lawas, MISTAR. ID

Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengeluh karena sejak Januari hingga Juli 2023, mereka belum menerima penghasilan tetap (Siltap). Hal tersebut disampaikan beberapa Kades yang enggan disebutkan namanya ke mistar.id, saat dikonfirmasi, Selasa (8/8/23).

“Tak sedikit Kades di Kabupaten Padang Lawas ini yang hanya mengandalkan gaji dari Kades untuk menopang kebutuhan hidup keluarganya. Kendati gaji belum cair, kades tetap berusaha menjalankan tugas melayani masyarakat secara maksimal,” kata salah satu Kades.

Sementara itu menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Fajaruddin Hasibuan menjelaskan pencarian dana Siltap mengalami hambatan karena keuangan Pemkab mengalami defisit.

Baca juga: Miris! Siswa SDN 0405 Palas Belajar di Bangunan Sekolah Nyaris Roboh

Meski begitu, tambah Fajaruddin, pencairan dana Siltap sudah diajukan dan rencananya dalam minggu ini Siltap Kades secepatnya diberikan.

“Keterlambatan pencairan dikarenakan adanya permasalahan keuangan di Pemkab. Padang Lawas defisit anggaran. InsyaAllah pencairan dana Siltap akan kita segerakan untuk gaji kepala desa dan perangkat desa lainnya mulai bulan Januari hingga Maret,” ungkapnya. (Iskandar/hm20)

Related Articles

Latest Articles