25.7 C
New York
Friday, July 12, 2024

Tanpa Kendala, 815 Orang Mendaftar Sebagai Petugas Pantarlih di Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar mengatakan sebanyak 815 calon petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) telah mendaftar hingga Rabu (19/6/24).

Ketua KPU Kota Pematangsiantar, M Isman Hutabarat melanjutkan, tidak terdapat kendala dalam perekrutan kali ini. Kuota yang dibuka telah terisi selama masa pendaftaran.

“Antusias masyarakat cukup besar untuk menjadi Pantarlih ini. Namun kuota kita terbatas, melihat terjadinya pengurangan TPS pada Pilkada 2024,” kata Isman, Kamis (20/6/24).

Pantarlih, lanjut Isman bertugas mendata ulang sebelum penetapan daftar pemilih tetap. Terdapat 2 orang atau lebih petugas Pantarlih di setiap TPS.

Baca juga: KPU Siantar Buka Pendaftaran Pantarlih, 815 Orang Dibutuhkan

Jika dalam daftar pemilih potensial lebih dari 450 orang per TPS, petugas yang dibutuhkan lebih dari 2 orang. Namun jika kurang dari jumlah tersebut, KPU hanya membutuhkan 2 orang saja.

Dari keterangan Isman, daftar pemilih potensial yang terdata yakni 204.199 jiwa. Jumlah tersebut masih berpotensi berkurang maupun berpindah.

“Karena ada kemungkinan masyarakat yang sudah meninggal dunia, namun data nya masih masuk menjadi pemilih,” terang Isman.

KPU menjadwalkan pelantikan Pantarlih pada 24 Juni 2024 mendatang. “Masa kerjanya selama satu bulan hingga 24 Juli 2024,” ujarnya menambahkan. (gideon/hm20)

Related Articles

Latest Articles