28.6 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

PDIP akan Usung 7 Bacalon Gubernur di Pilkada 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) segera mengumumkan tujuh hingga delapan bakal calon gubernur yang akan diusung di Pilkada 2024.

“PDIP Insya Allah dalam waktu dekat kami akan mengumumkan beberapa calon gubernur, baik Sumut, daerah Sumatra kira-kira ya, sama NTT,” ujar Ketua DPP PDIP Said Abdullah di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (8/7/24).

Said mengatakan PDIP masih dalam proses penggodokan di internal partai untuk calon yang diusung di Pilgub Sumatera Utara.

Baca juga:Kalah Berturut di Pilgubsu, Wakil Ketua DPD PDIP: Kali Ini Harus Lebih Selektif

Menurut Said Pilkada serentak 2024 ini sangat strategis bagi PDIP. Itu sebabnya mereka akan sangat hati-hati dalam memutuskan sosok yang diusung nanti.

Namun, Said masih belum membeberkan siapa dan daerah mana saja yang akan diumumkan tersebut.

“Kalau finalnya, nanti dalam rapat DPP dipimpin oleh ibu ketua umum, pasti akan diumumkan oleh pak sekjen,” ujarnya.

Jelang Pilgub Sumut 2024, terdapat dua sosok kuat yang digadang bakal berkontestasi yakni Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi.

Sejauh ini, Bobby telah mengantongi dukungan dari tujuh partai politik, mulai dari Gerindra, Golkar, NasDem, PKB, Demokrat, PAN, dan PPP. Bobby telah mengantongi 63 kursi dari 100 kursi DPRD Sumut 2024 sekaligus memenuhi syarat pencalonan.

Baca juga:Pilgubsu 2024: Duel Petahana dan Dilema PDIP

Sementara Edy masih belum mengantongi dukungan. Namun, ia yakin PDIP bakal mengusungnya nanti. Edy mengaku memiliki visi dan misi yang sama dengan PDIP untuk membawa Sumut jadi lebih maju.

Ia terakhir baru saja mengikuti tahapan wawancara bakal calon gubernur Sumut di Kantor DPD PDIP Sumut di Medan, Jumat (5/7/24).

PDIP merupakan partai pemenang kedua di DPRD Sumut. Mereka bisa mengusung calon gubernur sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. Masih ada PKS yang belum menentukan sikapnya, apakah akan berkoalisi dengan PDI P atau tidak. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles