23.4 C
New York
Friday, September 27, 2024

Menteri dari PDIP di Kabinet Jokowi Sisa 5 Orang Lagi

Jakarta, MISTAR.ID

Kader PDIP yang masih menjabat sebagai menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini tinggal lima orang setelah Tri Rismaharini (Risma) disetujui pengunduran dirinya dari posisi Menteri Sosial.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa Menseskab Pramono Anung telah mengajukan surat pengunduran diri, meskipun surat tersebut belum ditandatangani olehnya.

“[Pramono Anung mengajukan pengunduran diri sebagai Menseskab] sudah juga, tapi belum saya tanda tangani,” ujar Jokowi setelah meresmikan Fly Over Juanda di Sidoarjo, beberapa waktu lalu, dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (19/9/24).

Pramono Anung dan Risma maju sebagai calon gubernur di Pilkada serentak 2024. Pramono diusung oleh PDIP untuk Pilgub Jakarta, sementara Risma akan maju di Pilgub Jawa Timur.

Sebelumnya, PDIP merupakan partai dengan jumlah kursi terbanyak di kabinet Jokowi. Namun, posisi-posisi tersebut perlahan dilepas menjelang akhir periode kedua pemerintahan Jokowi.

Baca juga: Kader PDIP Ditahan-Kader Gerindra Ditangguhkan, Polda Sumut Pilih Kasih?

Pada reshuffle kabinet tanggal 19 Agustus 2024, Jokowi mencopot Yasonna Laoly dari jabatan Menteri Hukum dan HAM. Ia digantikan dengan kader Partai Gerindra, Supratman Andi Agtas.

Hari ini, Jokowi juga menerima pengunduran diri Risma, yang mundur untuk maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur. Sementara itu, posisi Menteri Sosial sementara dijabat oleh Menko PMK Muhadjir Effendy.

Selain Risma, Pramono Anung juga telah mengajukan surat pengunduran diri dari kabinet Jokowi. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkannya.

“Pada prinsipnya, Presiden akan menyetujui. Beliau menghormati hak politik dari para menteri atau pejabat setingkat menteri untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon kepala daerah,” kata Ari kepada wartawan, Jumat (6/9/24) lalu.

Baca juga: Jadi Kader PDIP, Prof Ridha Resmi Maju Pilwalkot Medan 2024

Berikut daftar lima menteri PDIP yang masih berada di kabinet Jokowi adalah:

  • Sekretaris Kabinet: Pramono Anung
  • Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat: Basuki Hadimuljono
  • Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: Abdullah Azwar Anas
  • Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: I Gusti Ayu Bintang Puspayoga
  • Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah: Teten Masduki
  • Selain itu, ada juga kader PDIP yang menjabat sebagai Wakil Menteri, yaitu:
  • Wakil Menteri Dalam Negeri: John Wempi Wetipo

Jokowi pun membuka kemungkinan untuk melakukan reshuffle kabinet meskipun masa jabatannya akan berakhir pada Oktober mendatang. Hal ini dikatakannya merespons pertanyaan mengenai pengganti para menteri yang telah mengundurkan diri.

“Ya bisa (melakukan reshuffle kabinet),” kata Jokowi.

Selain Risma dan Pramono, kader PDIP lainnya, Hasto Wardoyo, juga telah diberitakan mengajukan pengunduran diri dari posisinya sebagai Kepala BKKBN. Hasto dicalonkan oleh PDIP untuk maju sebagai calon wali kota Yogyakarta pada Pilkada serentak 2024. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles