19 C
New York
Sunday, September 29, 2024

KPU Ungkap Alasan PPLN Taiwan Kirim Ribuan Surat Suara ke Pemilih di Luar Jadwal

Dari jumlah itu, 175.145 di antaranya dialokasikan buat pemilih yang menggunakan metode pos. Sebanyak 31.276 amplop berisi total 62.552 sudah kadung dikirim dan diterima oleh pemilih di Taiwan, dengan rincian:

Sebanyak 929 lembar amplop, yang masing-masing berisi dua surat suara (pilpres dan pileg DPR RI), dikirim pada 18 Desember 2023 (gelombang pertama).

Lalu, sebanyak 30.347 lembar amplop, yang masing-masing berisi dua surat suara (pilpres dan pileg DPR RI), dikirim pada 25 Desember 2023 (gelombang kedua).

Baca juga : KPU Ingatkan Bentuk Surat Suara Pemilu Dikerjakan Cermat dan Teliti

“Kami nyatakan surat suara tersebut masuk kategori rusak dan tidak diperhitungkan dalam catatan surat suara dalam Formulir C-Hasil LN-pos. Mengapa? Karena dikirim sebelum waktunya. Dengan demikian tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur,” jelas Hasyim.

Surat suara yang dianggap rusak itu bakal diberi tanda silang menggunakan tinta spidol pada bagian depan, yang membuat tempat, alamat, dan nomor TPS/pos luar negeri serta bagian tanda tangan Ketua PPLN Taipei tidak diperhitungkan.

Related Articles

Latest Articles