23 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Ini Makna Pakaian Capres-Cawapres Pilpres 2024 yang Dikenakan di Panggung Debat

Bukan hanya Ganjar-Mahfud yang tampil dengan keidentikannya di debat, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar juga menunjukkan hal tersebut.

Anies dan Muhaimin kompak mengenakan peci, kemeja putih yang dibalut jas hitam lengkap dengan pin bertuliskan ‘AMIN’, singkatan Anies-Muhaimin, persis sama dengan foto mereka di surat suara.

Menurut Anies, kemeja bernuansa putih menggambarkan bersih, suci, dan netral serta mudah didapatkan semua kalangan. Anggota Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas Amin) menambahkan sebenarnya tidak arti khusus di balik baju yang digunakan.

Baca juga : KPU Percayakan Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa Sebagai Moderator Debat Cawapres

“(Sebenarnya) tidak ada arti khusus. Bahkan, publik bisa memaknai (sendiri) kostum yang dipakai pasangan Anies-Muhaimin. Adapun pakaian formal tersebut sekaligus menunjukkan seberapa pantas seseorang dalam mengemban amanat besar dari rakyat Indonesia,” katanya.

Begitu pun dengan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Kandidat nomor urut 2 ini juga mengenakan setelan yang sama dengan foto mereka di surat suara, yakni kemeja berlengan panjang berwarna biru langit dengan celana hitam.Warna biru langit yang menjadi identitas Probowo-Gibran di Pilpres 2024 dimaknai sebagai ketenangan dan kegembiraan.

Related Articles

Latest Articles