20.1 C
New York
Monday, September 9, 2024

Hasil DCT Kota Medan, 829 Caleg Akan Bertarung di Pemilu 2024

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 829 calon legislatif (caleg) akan bertarung di Pemilu 2024 nanti. Jumlah tersebut sesuai dengan hasil daftar calon tetap (DCT)yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan.

“Sebenarnya total ada 830 caleg, namun 1 bacaleg dari Partai PKN tidak memenuhi syarat (tms). Dimana bacaleg tersebut hanya mengupload ijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP), sementara syaratnya harus ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA),” ucap Ketua KPU Kota Medan Mutia Atiqah saat diwawancarai Mistar, Sabtu (4/11/23).

Mutia menjelaskan adapun 829 caleg yang sudah terdaftar dalam DCT terdiri dari 541 caleg laki-laki dan 288 caleg perempuan.

Baca juga : 18 Partai di Sumut Setujui DCT, Ada Sedikit Perubahan dari PDIP

“Dengan adanya DCT ini, kita pastikan tidak akan ada perubahan lagi. Sebab sebelum dilakukan DCT, kita (KPU) sudah meminta kepada setiap partai politik (parpol) untuk memverifikasi semua caleg yang didaftarkan. Bahkan untuk penulisan nama dan gelar juga kita minta untuk diverifikasi,” jelasnya.

Setelah tahapan DCT selesai, lanjut Mutia, tahapan selanjutnya yakni memasuki masa kampanye.

Baca juga : KPU Sumut Undang Parpol dan DPD Sebelum Pengumuman DCT

“Masa kampanye 27 November 2023 nanti. Mulai sekarang para caleg boleh mempersiapkan Alat Peraga Kampanye (APK), namun tidak diperbolehkan untuk segera memasangnya sampai waktu yang diizinkan. Kita semua berharap Pemilu 2024 nantinya bisa berjalan dengan baik dan damai,” pungkasnya. (rahmad/hm18)

Related Articles

Latest Articles