18.4 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Deklarasi Pemilu Damai di Langkat, Tokoh Etnis: Tidak Ditunggangi Politik Identitas dan Hindari Politik Uang

Langkat, MISTAR.ID

Memasuki hari pertama kampanye, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara gencar melakukan sosialisasi pemilu damai dengan tema ‘Menjaga proses demokrasi pemilu tahun 2024 yang jurdil, aman dan damai’ di Gedung PKK Langkat, Selasa (28/11/23).

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Langkat, Syahrizal MZ mengatakan Forum Pembauran Kebangsaan adalah tempat berhimpunnya sejumlah Tokoh Etnis.

“Hari ini tugas kita bersama bagaimana pemilu dapat berjalan dengan baik dan aman. Mari kita bergerak ke depan untuk membantu KPU dan Bawaslu, agar tugas berat mereka agak sedikit ringan dalam memberikan edukasi pemilu kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca juga : Jelang Masa Kampanye, KPU Deklarasikan Kampanye Pemilu 2024 Damai

Selain itu, tugas beratnya adalah bagaimana politik ini tidak ditunggangi politik identitas dan menghindari politik uang. Ia mengingatkan jangan sampai terjadi gesekan-gesekan yang dapat memicu pertikaian antar etnis gara-gara mengedepankan politik identitas.

“Hari ini diharapkan peran serta kita bagaimana pelaksanaan pemilu ini dapat berjalan damai, dengan cara meminimalisir kemungkinan-kemungkinan terjadinya gesekan-gesekan di tengah-tengah masyarakat, berikan edukasi kepada masing-masing etnis agar pemilu berjalan aman,” kata Syahrizal.

Related Articles

Latest Articles