22.7 C
New York
Sunday, September 1, 2024

Daftar Nama Petahana Wilayah Sumut yang Maju di Pilkada 2024

Dan Petahana Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor dan Mutsyuhito Solin juga kompak sama-sama berjuang kembali di Pilkada kali ini. Sesuai penelusuran, di daerah ini, pasangan calon yang mendaftar cuma satu, sehingga berpotensi melawan kotak kosong.

Sedangkan Petahana Bupati Samosir, Vandiko Gultom bertarung kembali berpasangan dengan Ariston Sidauruk. Sedangkan Martua Sitanggang yang sebelumnya berpasangan dengan Vandiko pada Pilkada 2020, tidak bertarung kembali.

Petahana Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai, yaitu Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan juga kompak berpasangan untuk bertarung kembali pada Pilkada 2024 di daerahnya. Dan di daerah ini, pasangan calon yang mendaftar cuma satu, sehingga berpotensi melawan kotak kosong.

Sedangkan di Simalungun, hanya Petahana Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga yang bertarung kembali, wakilnya yaitu Zonny Waldi tidak maju.

Sementara itu, Petahana Bupati Tapanuli Selatan yaitu Dolly Putra Parlindungan Pasaribu yang bertarung kembali, mendaftar ke KPU dari jalur peseorang. Ia berpasangan dengan Ahmad Buchori Siregar.

Baca juga: Paslon Pilkada Wajib Ikuti 28 Tes Kesehatan di RSU Haji Medan

Sedangkan Wakil Bupati Tapanuli Selatan, Rasyid Assaf Dongoran tidak mencalon atau bertarung kembali karena tidak dapat ‘kapal’ partai.

Di Tapanuli Tengah, Bupati periode 2017-2022 yakni Bakhtiar Ahmad Sibarani juga tidak mencalon karena ingin fokus terhadap keluarga dan bisnisnya. Sedangkan pasangannya, Wakil Bupati periode 2017-2022 yaitu Darwin Sitompul bertarung kembali untuk menjadi Wakil Bupati dengan pasangannya yaitu Khairul Kiyedi Pasaribu. Di daerah ini pun, hanya satu Paslon.

Di Pilkada Tapanuli Utara 2024, Petahana Bupati yaitu Nikson Nababan tidak bisa mencalon lagi karena sudah dua periode. Sedangkan Petahana Wakil Bupati, Sarlandy Hutabarat bertarung kembali menjadi Wakil Bupati berpasangan dengan Satika Simamora yang merupakan istri dari Nikson Nababan.

Sementara di Toba, Petahana Bupati Poltak Sitorus bertarung kembali, berpasangan dengan Anugrah Naiborhu. Sementara Petahana Wakil Bupati bertarung kembali menjadi Wakil Bupati, berpasangan Robinson Sitorus.

Petahana selanjutnya, Wali Kota Binjai yakni Amir Hamzah bertarung kembali di Pilkada Binjai 2024 berpasangan dengan Hasanul Jihadi. Sedangkan nama Petahana Wakil Wali Kota Binjai yaitu Rizky Yunanda Sitepu tidak ada mendaftar ke KPU daerah tersebut.

Selanjutnya di Pilkada Kota Gunungsitoli, Petahana Sowa’a Laoli bertarung kembali dan berpasangan dengan Martinus Lase.

Di Pilkada Kota Padangsidimpuan, Petahana Wali Kota Irsan Effendi Nasution bertarung kembali berpasangan dengan Ali Muda Siregar.

Dan di Kota Pematangsiantar, Petahana Wali Kota dr Susanti Dewayani bertarung kembali. Ia berpasangan dengan Ronald Tampubolon.

Baca juga: Pilkada Dairi 2024 Diikuti Lima Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati

Kemudian Petahana Wakil Wali Kota Sibolga yaitu Pantas Maruba Lumbantobing bertarung kembali dengan pasangannya Akhmad Syukri Nazri Penarik.

Petahana Wali Kota Tanjungbalai yakni Waris Thalib berpasangan dengan Rolel Harahap. Terakhir, di Tebing Tinggi, ada Petahana Oki Doni Siregar bertarung memperebutkan kursi Wali Kota, berpasangan M Riski Ramadhan. (ferry/hm20)

Related Articles

Latest Articles