8.9 C
New York
Monday, October 28, 2024

Bawaslu Sumut Gelar Rapat Pengembangan Fungsi Strategis Kelembagaan di Labusel

Ia berharap agar seluruh elemen masyarakat, termasuk pemerintah daerah, aparat penegak hukum, dan organisasi masyarakat, dapat berkolaborasi dalam menjaga kelancaran pemilu di wilayah Labusel.

Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu Selatan, AKP Gurbacov menambahkan Polres Labusel siap mendukung penuh pengawasan dan penegakan hukum terkait pemilu.

Ia menegaskan pihak kepolisian akan bekerja sama dengan Bawaslu untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pemilu berlangsung.

Di sisi lain, Oloan Sinaga, yang mewakili Kajari Labusel, juga menyampaikan bahwa Kejaksaan siap mendukung langkah-langkah hukum yang diperlukan dalam penanganan pelanggaran pemilu.

Baca juga : Memenuhi Syarat, Ari Wibowo-Azwar Sazali Daftar ke KPU Labusel

Sinergi antara Bawaslu, kepolisian, dan kejaksaan diharapkan dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran, termasuk politik uang dan bentuk-bentuk kecurangan lainnya.

Para Komisioner Bawaslu Labusel, Rido Akmal Nasution dan Saleh Jones Saragi Napitu, turut menyampaikan pentingnya partisipasi aktif dari masyarakat dalam melaporkan dugaan pelanggaran pemilu.

Mereka menekankan keberhasilan pengawasan pemilu tidak hanya bergantung pada lembaga pengawas, tetapi juga keterlibatan masyarakat luas.

Rapat ini juga dihadiri oleh pimpinan berbagai organisasi masyarakat (Ormas) dan organisasi kepemudaan (OKP) se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan, yang diharapkan dapat berperan aktif dalam mengedukasi anggotanya terkait pemilu yang bersih dan berintegritas. (oel/hm18)

Related Articles

Latest Articles