2.7 C
New York
Monday, February 12, 2024

BAKUMSU Soroti Kegelisahan Terhadap Politik Elektoral di Masa Pemilu 2024

Medan, MISTAR.ID

Direktur Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat Sumatera Utara (BAKUMSU), Tongam Panggabean menyebut kegelisahan terhadap dinamika politik elektoral saat ini. Pernyataan ini diberikan dalam acara yang diinisiasi oleh BAKUMSU di Gedung Kantor Pos Medan, Selasa (6/2/24).

Panggabean menyoroti kepentingan elektoral yang kerap menggeser substansi politik di balik panggung. Ia menyatakan bahwa politik yang menonjolkan sisi depan dengan janji-janji manis sering kali mengabaikan pembahasan relasi kekuasaan yang sebenarnya terjadi di belakang layar.

“Politik yang tampak menarik di panggung depan seringkali tidak membahas relasi kekuasaan substansial yang berada di belakang layar, yang bersifat oligarki dan bermuara pada kepentingan bisnis,” jelas Panggabean.

Baca juga : YDPK Luncurkan dan Diskusi Buku ‘Bukan Timah Hitam, Petani Melawan Tambang’

Sebagai lembaga masyarakat sipil, lanjutnya, BAKUMSU mengadakan acara Panggung Rakyat dengan tujuan mendorong pendidikan politik dan mencari calon pemimpin yang berani untuk Pemilu 2024. Mereka menyoroti kekhawatiran terhadap dinamika politik yang semakin meningkat.

“Dalam acara ini, kami berusaha menganalisis dan menginisiasi gerakan sebagai respons terhadap demokrasi yang dianggap masih bersifat prosedural,” terangnya.

Panggabean juga menyoroti gejolak politik terkini yang semakin mencuat. Ia menyoroti praktik politik yang menghalalkan segala cara dan tindakan tidak etis.

Related Articles

Latest Articles