8.9 C
New York
Thursday, April 18, 2024

171 Petahana dari PDIP Siap Maju di Pilkada Serentak 2024

Jakarta, MISTAR.ID
DPP PDI-Perjuangan sudah melakukan pemetaan untuk menyongsong Pilkada serentak November 2024 mendatang. Disebutkan ada 171 kepala daerah petahana yang berasal dari PDIP siap maju kembali di Pilkada 2024.

Sekjen PDI-P Hasto Kristianto menjelaskan, pemetaan setiap daerah ini merupakan instruksi dan arahan dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri kepada jajaran partainya untuk menyiapkan Pilkada.

Hasto mengatakan PDI-P juga sudah menyusun jadwal dan agenda strategis yang akan dilakukan partai. Baik untuk penyaringan calon kepala daerah, tahapan Pilkada hingga pendaftaran calon kepala daerah pada 27 hingga 29 Agustus 2024.

Baca juga:Pilkada Serentak 2024, PDIP Siap Berkoalisi dengan Gerindra dan Golkar

“Dalam waktu dekat setelah Lebaran, nanti akan langsung dilakukan konsolidasi partai dalam rangka pilkada,” ujar Hasto ditemui di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Senin (1/4/2024).

Hasto yakin PDI P mendapat kemenangan di tingkat pusat dan beberapa daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, walaupun diakuinya mendapat gempuran di Pilpres. Perolehan suara di Pileg 2024 menjadi modal PDI-P dalam membangun kekuatan menuju Pilkada serentak 2024.

Di sisi lain PDI-P juga sudah melakukan komunikasi politik terhadap calon kandidat ataupun partai politik untuk Pilkada 2024.

Seperti di Jawa Timur, DPD PDI-P melakukan pendekatan dengan mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan partai politik lain yang juga mendekatkan diri ke Khofifah.

Baca juga:Pilkada Serentak, Pendaftaran Paslon Perseorangan 5 Mei 2024

Hasto mengatakan PDIP berencana mengusung Khofifah sebagai calon gubenur Jatim di Pilkada serentak mendatang.

“Komunikasi-komunikasi politik memang dilakukan untuk menghasilkan calon-calon pemimpin yang terbaik, termasuk di Jatim, berkomunikasi dengan Mbak Khofifah. Apa pun Beliau, seorang Gubernur Jatim,” ujar Hasto.

Meski pada pilpres bersebrangan namun menurut Hasto memungkinkan untuk kerjasama dengan partai Gerindra, Golkar, PPP, Perindo, Hanura. (mtr/hm06)

Related Articles

Latest Articles