16.8 C
New York
Friday, May 17, 2024

Viral Video Jokowi Berikan Pidato Pakai Bahasa Mandarin

Jakarta, MISTAR.ID

Sebuah video yang menampilkan Presiden Joko Widodo tengah memberikan pidato dalam bahasa Mandarin telah menyebar di media sosial dan menjadi viral. Di dalam video, Jokowi terlihat mengenakan jas saat berdiri di atas podium sambil membaca teks dalam bahasa Mandarin.

Menanggapi video tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan jika video tersebut adalah hoax. Kominfo memastikan video tersebut adalah hasil editan yang diduga menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence).

“Presiden Jokowi tidak pernah memberikan pidato dalam bahasa Mandarin seperti yang ditampilkan dalam video tersebut. Oleh karena itu, video ini merupakan bentuk disinformasi yang perlu diwaspadai,” tulis Kominfo dalam website resmi mereka, seperti yang dilihat pada Jumat (27/10/23).

Baca juga: Jokowi Turun Tangan, Prabowo-Gibran Bisa Menang Satu Putaran

Kominfo juga mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati ketika menerima informasi yang dapat dimanipulasi atau disalahgunakan.

“Disarankan agar selalu merujuk ke sumber-sumber yang terpercaya, seperti situs resmi pemerintah dan media yang memiliki kredibilitas,” tambahnya.

Kini, Kominfo telah mengambil langkah untuk menghapus dan memberikan label disinformasi kepada konten tersebut. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles