23.8 C
New York
Sunday, June 30, 2024

Sekjen PDI-P Dalam Pusaran Kasus Hukum, Penghasutan dan Kasus Harun Masiku

Selain perkara di Polda Metro Jaya, Hasto juga bakal dikonfirmasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait informasi baru menyangkut buronan kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR, Harun Masiku.

Harun yang merupakan mantan kader PDI-P yang menjadi tersangka suap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2019 Wahyu Setiawan. Harun melarikan diri hingga kini sehingga masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) KPK.

Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, mereka menerima informasi baru terkait keberadaan Harun Masiku.

Baca juga:Hasto Sebut Deklarasi Ganjar Jadi Oposisi Tunjukkan Kenegarawan

“Untuk dikonfirmasi atas informasi yang KPK terima sebagai informasi baru,” kata Ali di Gedung KPK, Jakarta, kemarin.

KPK rencananya akan memanggil Hasto pada pekan depan untuk diperiksa sebagai saksi. Meski demikian, ia mengaku belum mengonfirmasi apakah tim penyidik telah mengirimkan surat panggilan.

“Kami belum mengonfirmasi kembali waktunya dan apakah surat panggilan akan sudah dilayangkan apa belum, tapi sudah diagendakan,” ujar Ali. Kasus Harun Masiku terungkap ketika KPK menggelar operasi tangkap tangan pada 8 Januari 2020. Dari hasil operasi, tim KPK menangkap delapan orang dan menetapkan empat orang sebagai tersangka.

Baca juga:Usut Kasus Suap Harun Masiku, KPK Panggil Pengacara Simeon Petrus

Keempat tersangka adalah Komisioner KPU Wahyu Setiawan, eks Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, kader PDIP Saeful Bahri, dan Harun Masiku. Sebanyak 3 dari 4 tersangka itu sudah divonis penjara. Akan tetapi, saat itu Harun Masiku lolos dari penangkapan.

Tim penyidik KPK terakhir kali mendeteksi keberadaan Harun Masiku di sekitar Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan. Harun hingga kini masih berstatus buronan dan masuk daftar pencarian orang (DPO). Adapun Harun diduga menyuap Wahyu dan Agustiani untuk memuluskan langkahnya menjadi anggota DPR melalui PAW. (Mrt/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles