31.7 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Pemudik Datang Tak Sesuai Jadwal Picu Kepadatan Pelabuhan Merak

Banten, MISTAR.ID

Akibat banyak pemudik yang datang tak berdasarkan jadwal keberangkatan pada tiket menyebabkan terjadinya kepadatan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan di Command Centre KM 29, pada Sabtu (6/4/24) menyatakan, ini sesuai hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya dampak antrian panjang kendaraan pemudik menuju ke Pelabuhan Merak.

“Bagi para pemudik yang bakal menyeberang, biasanya kan telah memiliki dan membeli tiket. Seharusnya tiket besok, berangkat hari ini, dampaknya menumpuk di situ,” papar Aan.

Baca juga:Pemudik Mulai Padati Terminal Amplas Medan

Dia pun meminta para pemudik supaya datang berdasarkan tanggal dan waktu yang tertera di tiket agar tidak terjadi kepadatan.

“Sesuaikan waktunya untuk tiket ini. Jika besok ya besok berangkatnya, jangan hari ini. Lalu membeli tiket H-1, biar kita juga dapat melihat trennya angka yang akan masuk ke pelabuhan itu berapa. Sehingga kita siap untuk rekayasa lalu lintas (lalin) nya,” imbuhnya.

Aan juga menyatakan, volume jumlah kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Merak telah melebihi kapasitas.

Baca juga:Pastikan Keselamatan Pemudik, Sopir Angkutan Umum Jalani Test Urine Mendadak

Sementara menurut Aan, mereka telah melakukan sejumlah skema untuk berupaya mengurai kepadatan kendaraan pemudik yang bakal menyeberang lewat Pelabuhan Merak.

“Kami melakukan delaying sistem atau penundaan perjalanan mulai dari KM 13, subuh kemarin. Lalu Gerbang Tol (GT) Cikupa dari 13 gerbang dipersempit menjadi 10 gerbang yang dioperasionalkan,. Kemudian KM 43, 68 hingga ke tempat parkir Cikuasa atas. Itu pun masih belum dapat menampung untuk Pelabuhan Merak masih over kapasitas,” tutupnya. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles