23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Merasa Kerap Dibuli Teman-temannya, Siswa SMP Nekat Bakar Sekolah

Temanggu, MISTAR.ID

Seorang siswa berinisial R (13) membakar beberapa ruang kelas di sekolahnya di
Gedung ruang kelas SMP Negeri 2 Pringsurat, Kabupaten Temanggung dibakar seorang siswa berinisial R (13), Selasa (27/6/23) dini hari. Akibatnya, R pun ditetapkan sebagai tersangka. Polisi menangkapnya setelah melihat rekaman CCTV di sekolah.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi mengatakan, tersangka nekat membakar sejumlah ruang kelas karena sakit hati, ia sering dibuli teman-temannya. Tersangka juga mengaku bahwa gurunya kurang memperhatikannya.

“Artinya ini adalah subjektif pada perasaan si siswa” kata Agus, Rabu (28/6/23).

Baca juga: Merasa Kecewa, Mahasiswa Bakar Ban Bekas

Tersangka semakin kecewa dan sakit hati saat mencalonkan diri menjadi ketua PMR sekolah. Pada saat itu R mendapat penilain, teman-temannya menganggapnya tidak memiliki kredibilitas dan kapasitas. Atas penilaian itu R tidak terpilih ketua PMR.

Setelah akumulasi sakit hati itu muncul, tersangka menyiapkan cairan dan mengisinya ke dalam botol bekas minuman. Cairan itu sudah dicampur dengan berbagai bahan sehingga bisa menimbulkan semburan api yang cukup cepat dan besar.

Baca juga: Tidur Pulas, Dua Boru Gultom Meninggal Terbakar di Dalam Rumah

Sebelum membakar sekolah, tersangka terlebih dahulu mencoba cairan tersebut di belakang rumahnya. Setelah yakin berhasil, tersangka kemudian mengisi cairan ke dalam tiga botol. Botol itu pun diletupkan di sebelah kanan sekolah dan ada juga yang diletakkan di ruang prakarya yang berisi kayu dan sejumlah barang mudah terbakar. Api cepat membesar hingga merambat.

Atas tindakannya itu, kata Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi, tersangka dijerat melanggar Pasal 81 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 tahun 2012 tentang Peradilan Pidana Anak.

“Terhadap pelaku anak dapat dijatuhkan paling lama setengah dari maksimum ancaman pidana penjara bagi orang dewasa,” katanya.(antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles