14.2 C
New York
Monday, May 20, 2024

Menteri ATR dan Bank Dunia Bahas Percepatan Reforma Agraria, Fokus Pencapaian Target

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membahas skema kerja sama yang potensial dan sedang berjalan terkait program percepatan reforma agraria dengan perwakilan Bank Dunia.

“Kami berupaya memastikan pelaksanaan urusan agraria dan tata ruang yang kita lakukan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Tentunya kita mengedepankan pelaksanaan yang pro lingkungan dan responsif terhadap perubahan iklim,” ujarnya, Kamis (20/3/24).

AHY menggarisbawahi, Kementerian ATR RI dan Bank Dunia telah melaksanakan program kerja sama, dengan Program Percepatan Reforma Agraria (PPRA) menjadi unggulannya.

Baca juga: Bersua World Bank, Kementerian ATR Upayakan Percepatan Implementasi Reforma Agraria

Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan pencapaian target-target yang telah ditetapkan mengenai pendaftaran dan penatausahaan tanah demi memberikan kepastian hukum atas seluruh bidang tanah di tanah air.

Untuk itu, penerapan PPRA melibatkan pembinaan masyarakat menjadi pengumpul data agraria dan mendorong transformasi digital.

Menurut AHY, program tersebut telah berjalan di 10 provinsi di Indonesia, yakni Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca juga: Menteri ATR RI Serahkan 15 Sertifikat Aset Tanah Milik Pemkot Tanjung Balai

Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen, pada bagiannya, menggarisbawahi bahwa kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan badan global tersebut telah membuahkan hasil positif yang luar biasa.

Beliau juga memberikan dukungan terhadap inisiatif Kementerian ATR untuk melaksanakan urusan agraria dan pengelolaan tata ruang yang pro lingkungan, dan menyarankan agar kementerian memprioritaskan proses bisnis yang dapat mendukung penanganan perubahan iklim.

Sementara itu, pakar penguasaan lahan Bank Dunia Willem Egbert van der Muur memuji kinerja Kementerian ATR dalam melaksanakan PPRA. Ia juga mengatakan bahwa Bank Dunia berkomitmen untuk memperkuat kerja sama guna menyukseskan program-program yang sedang berjalan maupun di masa depan dengan kementerian. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles