25.1 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Empat Kabupaten Bakal Digusur Imbas Bikin Jalan Tol Baru Jateng-Jatim Berbiaya Rp45,71 Triliun

Jumlah 13 desa yang dilewati yakni Desa yang ada di Kecamatan Jati yaitu Jetiskapuan dan Loram Wetan. Untuk Kecamatan Jekulo yang dilewati yakni Desa Bulungkulon, Bulungcangkring, dan Sadang.

Lalu Kecamatan Mejobo rencananya bakal melintas di Desa Jojo, Kesambi, dan Temulus. Di Kecamatan Undaan, tol rencananya bakal melintas di Desa Karangrowo, Ngemplak, Undaan Lor, Undaan Tengah, dan Wates.

Lokasi titik awal proyek nantinya akan terhubung dengan jalan tol Semarang-Demak. Sementara titik akhir proyek akan terhubung dengan rencana Jalan Tol Tuban-Lamongan-Gresik.

Baca juga : 3 Kendaraan Tabrakan di Jalan Tol Jakarta – Cikampek, 12 Orang Tewas

Kementerian PUPR menyebu rencananya jalan tol Demak-Tuban sudah mulai dioperasikan secara bertahap pada tahun 2026 mendatang dengan masa konsensi 50 tahun.
Proyek ini diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp 45,71 triliun, di mana sebanyak Rp 2,68 triliun akan digunakan sebagai biaya pembebasan lahan (porsi pemerintah).

Sedangkan sisa dana yakni Rp 32,46 triliun akan digunakan untuk mendukung proses konstruksi yang dilakukan secara bertahap. Nantinya tol ini akan didanai melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). (gridoto/hm18)

Related Articles

Latest Articles