14.7 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Daftar Nama Capim dan Cadewas KPK Diserahkan ke Jokowi

Jakarta, MISTAR.ID

Sebanyak 10 nama calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lolos seleksi wawancara dan tes kesehatan telah diumumkan Panitia Seleksi (Pansel) mengumumkan.

Ke-10 nama capim KPK ini sudah diberikan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Selasa (1/10/24). Selain calon pimpinan, Pansel juga menyerahkan 10 nama calon dewan pengawas (cadewas) KPK.

Seleksi wawancara dan tes kesehatan capim KPK dilakukan pada 17-18 September 2024. Sementara seleksi cadewas tanggal 19-20 September 2024.

Baca juga:Proses Transaksional di Seleksi 10 Capim KPK Harus Dicegah

Wakil Ketua Pansel KPK, Arief Satria mengatakan, mereka menyeleksi dan melihat rekam jejak dari sejumlah pihak sebagai masukan. “Banyak data-data yang tak dibuka ke publik yang kami terima. Sehingga kami akhirnya menetapkan untuk mengirim 10 nama capim dan 10 nama cadewas pada Pak Presiden,” ucap Arief.

Selanjutnya Jokowi bakal menyerahkan nama-nama dimaksud pada DPR RI untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Berikut daftar capim KPK yang lolos tahap wawancara dan tes kesehatan: Agus Joko Pramono (akademisi), Ahmad Alamsyah Saragih (BUMN/BUMD), Djoko Poerwanto (Polri), Fitroh Rohcahyanto (jaksa), Ibnu Basuki Widodo (hakim), Ida Budhiati (akademisi), Johanis Tanak (lembaga negara), Michael Rolandi Cesnanta Brata (PNS), Poengky Indarti (lembaga negara), dan Setyo Budiyanto (Polri).

Nama-nama cadewas KPK yang sudah diserahkan ke Jokowi: Benny Jozua Mamoto (lembaga negara), Chisca Mirawati (praktisi), Elly Fariani (PNS) Gusrizal (hakim), Hamdi Hassyarbaini (swasta), Heru Kreshna Reza (BUMN/BUMD), Iskandar Mz (BUMN/BUMD), Mirwazi (Polri), Sumpeno (hakim), dan Wisnu Baroto (jaksa).

Baca juga: Pansel Capim KPK Umumkan 10 Nama yang Lolos Wawancara dan Tes Jasmani

Total ada 40 orang menjalani seleksi wawancara dan tes kesehatan untuk sebagai capim maupun cadewas KPK. Artinya, ada 20 orang tak berhasil dalam seleksi itu masing-masing 10 nama untuk capim dan cadewas KPK.

Dilansir, pada Kamis (12/9/24), mereka yang tidak lolos seleksi capim KPK adalah Didik Agung Widjanarko (Polri), Harli Siregar (jaksa), I Nyoman Wara (PNS), Johan Budi Sapto Pribowo (lembaga negara), Muhammad Yusuf (PNS), Pahala Nainggolan (PNS), Sang Made Mahendrajaya (lain-lain), Sugeng Purnomo (jaksa) ,Wawan Wardiana (PNS), dan Yanuar Nugroho (lain-lain).

Daftar nama-nama yang tak lolos dari seleksi cadewas KPK yakni Achmed Sukendro (TNI), Bobby Hamzar Rafinus (lembaga negara), Gatot Darmasto (PNS) ,Hamidah Abdurrachman (akademisi), Kaspudin Nor (akademisi), Liberti Sitinjak (PNS), Maria Margareta Rini Purwandari (lembaga negara), Padma Dewi Liman (akademisi), Panutan Sakti Sulendrakusuma (lembaga negara), dan Sri Hadiati Wara Kustriani (praktisi). (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles