11.9 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Besok, Pendaratan Pesawat Jumbo Diuji Coba di Bandara IKN

Rosan berharap Bandara Nusantara sudah bisa dibuka secara umum pada akhir Desember atau Januari 2024. Dengan demikian, masalah konektivitas dari dan ke IKN akan menjadi lebih efisien.

Nantinya, masyarakat akan bisa mengakses IKN dari Bandara Nusantara hanya sekitar 20 menit, sehingga jauh lebih efisien dari sebelumnya yang hanya bisa mendarat di Balikpapan dan harus menempuh perjalanan darat selama 2 jam ke IKN.

“Harapannya pada bulan Desember atau Januari sudah bisa dibuka untuk umum Bandara dari IKN ini. Jadi kurang lebih seperti itu gambarannya,” ujar Rosan.

Baca juga : Menko PMK Sebut IKN Masih Butuh Kesiapan Infrastruktur

Berdasarkan siaran pers Kementerian Perhubungan, uji coba pendaratan tipe pesawat yang lebih besar bakal dilakukan seiring dengan penebalan pada area runway yang ditargetkan selesai pada 10 Oktober 2024.

Untuk saat ini, runway Bandara Nusantara telah mencapai panjang 2.200 meter dengan lebar 45 meter. Setelah bertambah tebal dan luas, runway bandara bakal siap untuk didarati Pesawat Kepresidenan Boeing Business Jet 737-800 yang berukuran lebih besar dari RJ85. (cnn/hm18)

Related Articles

Latest Articles