19.2 C
New York
Saturday, June 29, 2024

Tak Ada Hotspot, Sebagian Besar Wilayah Sumut Berpotensi Hujan Lebat Besok

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar wilayah di Sumatera Utara (Sumut) berpotensi hujan dengan intensitas ringan sampai lebat besok, Sabtu (12/8/23).

“Pada dini hari sampai pagi hari kita memprediksi berawan hingga hujan ringan di wilayah Kepulauan Nias, Asahan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara dan sekitarnya,” ucap Prakirawan Martha Manurung, Jumat (11/8/23).

Pada siang sampai sore hari, kata Martha, diprediksi akan hujan dengan intensitas ringan sampai lebat di wilayah Karo, Simalungun, Langkat, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara,Tapanuli Tengah, Toba, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Baca juga: Cuaca di Kota Medan Tak Menentu, BMKG: Adanya Belokan Angin dan Wilayah Konvergensi

“Pada malam hari kondisi tersebut tetap berlangsung dan meluas ke wilayah Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Sibolga, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Toba, Samosir, Simalungun, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Kepulauan Nias dan sekitarnya,” katanya.

Dijelaskan Martha, untuk Suhu Udara 16.0-33.0°C, Kelembaban Udara 65-95% dan Angin berhembus dari arah Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 10-30 km/jam.

“Untuk titik panas (hotspot) tidak ada di Sumut. Meski begitu, kami tetap mengimbau masyarakat di sebagian wilayah lereng timur, pegunungan, lereng barat dan pantai barat Sumatera Utara untuk waspada karena dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir, longsor dan genangan air,” pungkasnya. (Rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles