23.1 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Sumut Positif Covid-19 Tembus 862, Meninggal Dunia 60 Orang 

Medan, MISTAR.ID

Jumlah kasus Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) semakin mengkhawatirkan. Total kasus menembus angka 862 orang dari satu hari sebelumnya 768. Artinya ada bertambah 94 orang dalam satu hari saja. Tentunya masyarakat Sumut diingatkan untuk serius dalam menjalani protokol kesehatan dan tidak terjerumus dalam euforia transisi new normal yang tengah dipersiapkan sejumlah wilayah Indonesia termasuk Sumut.

Sedangkan untuk pasien Covid-19 yang sembuh tidak ada atau tetap bertahan diangka 204 orang, sama dengan sehari sebelumnya. Meninggal 60 orang, bertambah dua orang dari hari sebelumnya, 58 orang. Lalu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 161 orang atau berkurang dua orang dari sehari sebelumnya yang mencapai 163 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan D SpB mengatakan, sangat ditekankan pada masyarakat saat ini adalah  penggunaan masker dan menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain.

Baca juga: UPDATE COVID_19 Sumut: Positif dan PDP Covid-19 Kembali Bertambah

“Masyarakat harus serius dalam menjalani protokol kesehatan ini. Sebab kasus positif di Sumut masih meningkat. Hari ini ada penambahan 94 kasus lagi. Dengan semakin tingginya mobilitas orang-orang, maka penyebaran Covid-19 akan tinggi. Jadi gunakan masker bila ke luar rumah, karena dengan menggunakan masker anda tidak mengeluarkan droplet atau terkena droplet. Kita tidak tahu siapa yang saat ini positif Covid-19 karena tidak sedikit orang-orang tidak mengalami gejala apa-apa,” kata Whiko pada wartawan, Sabtu (13/6/20).

Selain masker, kata dia, gugus tugas meminta masyarakat mengatur jarak paling tidak 2 meter saat berinteraksi dengan orang lain. Karena droplet bertebaran di udara umumnya tidak lebih dari 2 meter dari penyebarnya.

“Atur jarak paling tidak 2 meter karena droplet pada umumnya tidak lebih dari 2 meter bertebaran di udara, entah saat anda bersin, batuk atau berbicara,” tegasnya.

Baca juga: 11 Tenaga Kesehatan di RSUD Pirngadi Medan Positif Covid-19

Tindakan lain yang juga tidak kalah pentingnya menurut Whiko adalah cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. Ini menjadi penting karena droplet yang bertebaran dari orang yang terinfeksi Covid-19 bisa mengenai benda-benda yang juga anda sentuh. Jadi, kurangi menyentuh wajah dan sering cuci tangan menjadi keharusan saat anda beraktivitas di luar rumah.

“Sabun merusak virus ini. Untuk itu kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir dapat menghindarkan kita dari infeksi virus ini,” pungkasnya. (anita/hm03)

Related Articles

Latest Articles