15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Suhu Udara Medan Capai 34⁰C, Berpotensi Hujan pada Siang Hingga Sore Hari

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan memastikan curah hujan di Sumatera Utara (Sumut) khususnya Kota Medan sudah mulai berkurang di awal tahun ini.

Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho melalui Prakirawannya Putri Diana Tarigan mengatakan, suhu udara Kota Medan hari ini mencapai 34.0⁰C. Namun, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi beberapa hari ke depan.

“Berpotensi terjadi pada siang hingga sore hari,” ujarnya, Senin (9/1/23).

Baca Juga:BBMKG: Kota Medan Sudah Lewati Puncak Musim Hujan

Diana juga mengatakan dua hari ke depan wilayah pantai timur dan pantai barat di Sumut masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hal itu dipicu belokan angin akibat adanya sirkulasi siklonik di laut Cina Selatan.

“Hal ini menyebabkan di wilayah tersebut banyak mengandung massa udara basah, sehingga banyak terjadi pertumbuhan awan awan hujan,” jelasnya.

Untuk cuaca hari ini, sebut Diana, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi di Langkat, Simalungun, Asahan, Toba,Samosir, Labuhanbatu, Labura, Labusel, Batubara, Tapanuli Utara, Karo, Dairi, Pak Pak Barat, Padang Lawas dan Sergai.

“Malam hari hujan akan terjadi Langkat, Asahan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Batubara, Padang Lawas, Sergai,” sebutnya.

Diana menuturkan, kelembaban udara Sumatera Utara hari ini 65 – 98%, sementara angin yang bertiup dari barat ke barat laut berkekuatan 10 – 30 km/jam.

“Tidak ada peringatan dini dan titik panas (hotspot) yang terdeteksi hari ini,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles