16.3 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Sektor Pariwisata di Sumut Dukung Akselerasi Perekonomian, Kunjungan Wisman 2023 Bertambah

Dikatakan Edy, agar Sumut menjadi daerah tujuan wisata dan berdaya saing, diperlukan unsur 3A yakni Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas untuk mewujudkan Sumut yang maju dan bermartabat.

“Pemprov Sumut terus bersinergi dengan Pemkab se kawasan Danau Toba, masyarakat dan stakeholder secara bersama-sama mengembangkan Geopark Kaldera Danau Toba yang sudah masuk ke dalam daftar UNESCO Global Geopark. Masuknya Geopark Kaldera Toba dalam UNESCO Global Geopark lebih memudahkan dalam mempromosikan destinasi wisata Danau Toba, bahkan hingga ke level dunia, sehingga meningkatkan jumlah wisatawan asing, mendorong peningkatan pendapatan masyarakat sekitar dan pendapatan asli daerah,” paparnya.

Baca juga : Bermain Bersama Anak-Anak, Gubernur Sumut: Kalian harus Bahagia

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut, Zumri Sulthony mengatakan pandemi covid-19 membuat sektor pariwisata di Sumut sempat wait and see. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara juga menurun.

“Namun kondisi tersebut tidak begitu lama, dengan menggaungkan tagline Berwisata di Sumut Aja dan membuat aplikasi digital yang terintegrasi ke kabupaten/kota se-Sumut. Wisatawan kini mulai datang kembali,” ucapnya. (jonatan/ril/hm18)

Related Articles

Latest Articles