6.9 C
New York
Monday, October 28, 2024

Sambut Bulan Bahasa, UMSU Gelar Seminar dan Lomba

Ratusan peserta yang berasal dari mahasiswa, guru dan siswa SLTA antusias mendengarkan paran sejumlah narasumber. Bahkan, beberapa guru mempertanyakan penerapan kurikulum merdeka, khususnya terkait dengan pembelajaran sastra.

Salah seorang pelajar juga mempertanyakan bagaimana cara mereka mengurangi ketergantungan terhadap gadget di tengah arus digitalisasi yang tiap saat hadir di hadapan mereka.

Sementara itu, Rektor UMSU, Agussani menyambut positif rangkaian kegiatan seminar nasional yang digagas Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkolaborasi dengan HMJ Prodi Bahasa Indonesia FKIP UMSU tersebut. Dikatakan rektor, tantangan ke depan guru Bahasa Indonesia cukup komplek.

Baca juga : 5.000 Lebih Mahasiswa Baru UMSU Akan Ikuti PKKMB 2024

“Dengan demikian, perkembangan dunia digital harus diikuti dengan penguatan dan pemahaman guru. Kami berharap, kegiatan ini dapat menjadi input yang positif dalam pengembangan FKIP UMSU, khususnya program studi Pendidikan Bahasa Indonesia,” ujar Agussani.

Sementara itu Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Mutia Febriyana mengatakan kegiatan tersebut dihadiri 450 peserta dari berbagai kalangan, baik mahasiswa maupun guru Bahasa Indonesia.

Dikatakan Mutia, setiap tahun dalam rangka Hari Sumpah Pemuda yang juga Bulan Bahasa, pihaknya mengakui berkepentingan dalam banyak hal.

“Bagi kita, Bulan Bahasa adalah momen bagi mahasiswa Bahasa Indonesia di FKIP UMSU untuk mengembangkan berbagai kreativitas sastra dan bahasa. Kita berharap, mahasiswa mampu menerjemahkan berbagai perubahan regulasi pengajaran di sekolah nantinya,” papar Mutia.

Selain itu juga diserahkan hadiah kepada para pemenang yakni lomba baca puisi Jikariel Sybegatullah sebagai Juara I dari SMA Muhammadiyah), Kaisah Filzah Enoita sebagai Juara II dari SMA Al Fitian, dan Nasywa Yoana Syifa sebagai Juara III dari SMA Ashafiyatul serta pemenang cipta cerpen Rafka Alfah Reza (Juara I), Nafiza Almira (Juara II) dan Nurul Huda (Juara III). (rel/hm18)

Related Articles

Latest Articles