23.1 C
New York
Saturday, June 1, 2024

Sama Pakai Baju Adat Nisel di Upacara HUT ke-78 RI, Begini Guyonan Wagub Ijeck dan Wali Kota Bobby

Medan, MISTAR.ID

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah dan Wali Kota Medan Bobby Nasution, memakai pakaian dari daerah yang sama saat mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi di Lapangan Astaka Medan, Senin (17/8/2023).

Pakaian yang dikenakan bernama Baru Oholu, diketahui merupakan baju adat dari Nias Selatan (Nisel). Keduanya pun sontak menjadi perhatian, sebab baju adat yang dikenakan berasal dari daerah yang sama.

Saat ditemui awak media, Wakil Gubernur yang akrab disapa Ijeck ini dan Bobby Nasution sama-sama berguyon dan tertawa kecil.

Baca Juga: Upacara HUT Ke-78 RI di Lapangan Astaka Medan, Gubsu Edy Rahmayadi Pakai Baju Adat Karo

“Iya, iya (dari daerah yang sama). Tidak janjian, pas pula sama,” ucap Ijeck seraya senyum dan tertawa tipis.

Menurut Ijeck, dirinya mengenakan pakaian adat Nias Selatan sebagai bentuk perhatian kepada seluruh adat dan budaya yang ada di Sumut.

“Ini saya pakai baju adat Nias Selatan. Saya senang adat dan budaya yang ada di Sumut banyak, beberapa kali memakai pakaian adat daerah lain, kali ini saya mau menampilkan dengan pakaian adat Nias Selatan, seperti sekarang ini,” ujar Wagubsu.

Kemudian Ijeck menuturkan, bahwa dengan mengenakan pakaian adat Nias Selatan, dia semakin memperkenalkan adat dan budaya suku Nias itu sendiri.

Baca Juga: Meriahkan HUT RI ke-78, PT. STTC Pertontonkan Parade Mobil Hias dan Pakaian Adat Batak

“Artinya, kita banyak perhatian untuk semua daerah di Sumut. Saya berharap dengan memakai pakaian ini mudah-mudahan menjadi satu hal dalam memperkenalkan suku dan budaya adat Nias Selatan maupun Nias keseluruhan secara kepulauan,” tuturnya.

Dalam hal pembangunan, lanjut Ijeck, semua daerah di Sumut dibangun, termasuk Kepulauan Nias.

Sementara itu, Bobby Nasution berseloroh bahwa dirinya ada janjian dengan Wagubsu lewat jalur mimpi.

“Janjian dari mimpi. Kebetulan sama, cuma dari mimpi sudah janjian,” kata Wali Kota Medan bercanda sambil tertawa. (Deddy/hm22)

Related Articles

Latest Articles