6 C
New York
Saturday, March 2, 2024

Sah, John Damanik Nakhodai DPD PJS Sumut: Tanggungjawab Moral Jurnalis Media Siber Harus Dikedepankan

Medan, MISTAR.ID

John Daniel Damanik, SH, resmi menakhodai Ketua DPD Perhimpunan Jurnalis Siber (PJS) Provinsi Sumatera Utara. Owner Kompastalk.co, ini berkolaborasi dengan Sekretarisnya, Chairum Lubis SH, yang keduanya merupakan jurnalis senior di unit kepolisian.

Pengukuhan Jhon Daniel Damanik,SH, dan Sekretaris Chairum Lubis, serta sejumlah pengurus lainnya dilakukan langsung Plt Ketua Umum (Ketum) DPP PJS, Mahmud Marhaba melalui virtual zoom, Kamis (16/6/2022) dari Jakarta.

Sebelumnya, Mahmud membuka rapat penetapan pengurus DPD PJS Sumut, sekaligus memberikan arahan kepada jurnalis dan pengurus yang dikukuhkan melalui virtual zoom di salah satu cafe kawasan Stadion Teladan, Medan.

Para pengurus DPD PJS Sumut foto bersama usai dikukuhkan oleh Plt Ketua Umum DPP PJS, Mahmud.(foto:ist/mistar)

Dalam kesempatan ini, Mahmud mengapresiasi kesiapan John Daniel Damanik selaku pemegang mandat sekaligus menyusun kepengurusan DPD PJS Sumut. Hingga saat ini, PJS sudah berdiri di 16 Provinsi se-Indonesia, termasuk Sumut.

Baca Juga: Reuni Akbar, 35 Tahun STIKP Kembalikan Kejayaan Mahasiswa Jurnalistik dan Public Relation

Mahmud juga menegaskan, anggota PJS yang ikut bergabung atau terdaftar bukanlah wartawan yang sudah terdaftar di organisasi Pers konsituen Dewan Pers.

“Wartawan yang tergabung dalam organisasi pers lainnya yang bukan konstituen Dewan Pers bisa menjadi anggota Perhimpunan Jurnalis Siber, jika wartawan tersebut sudah mendaftar dan melengkapi persyaratan adminstrasi yang disampaikan kepada pengurus DPD PJS di provinsinya,”kata Mahmud.

”Kepada sahabat wartawan calon pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Jurnalis Siber Provinsi Sumatera Utara pada rapat hari ini secara resmi saya buka, terimakasih atas kerjasama,” kata Plt Ketum PJS.

Baca Juga: Ketua BPC Belawan: Tantangan Jurnalisme Diera Digital Makin Berat

John Daniel Damanik, kepada mistar.id, Jumat (17/6/22) mengatakan, jabatan yang diembannya bersama kawan-kawan yang duduk di kepengurusan PJS, merupakan amanah berat yang harus dijalankan sebagaimana menjalankan fungsi pers.

Lembaga media siber (PJS), sambung dia, harus mampu menjadi lembaga yang berdedikasi dalam mengimplementasikan peran dan tanggungjawab kehadiran media siber di tengah-tengah masyarakat, bangsa dan negara.

“Tentu semua ini menjadi tanggungjawab kita para jurnalis yang menggeluti media siber. Untuk itu, kita harus taat dan paham akan segala regulasinya, segala aturan-aturannya. Dalam setiap produk jurnalistik yang akan kita tayangkan, kita harus mengedepankan tanggungjawab moral kita,” katanya.

Baca Juga: Bangun Demokrasi Melalui Media Digital

Sebab, lanjutnya lagi, media siber memiliki karakter yang spesifik, yang dalam pengelolaannya membutuhkan pedoman agar berjalan secara profesional dalam memenuhi fungsi, hak, dan kewajiban sebagaimana diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Usai dikukuhkan, John Daniel Damanik tak lupa menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Ketua Umum DPP PJS dan kepada rekan-rekan media dan para aparatur pemerintahan, TNI dan Polri.

Berikut ini susunan DPD PJS Sumut:

Ketua : JHON DANIEL DAMANIK, SH
Wakil Ketua I : David Susanto,SE.
Wakil Ketua II : Gibson Simanjuntak
Wakil Ketua III : Jonris Purba,S.Sos
Sekretaris : Chairum Lubis, SH
Wakil Sekretaris I : Edryn Ardiansyah Nasution
Wakil Sekretaris II : Ahmad Rizal
Bendahara : Zailani Tan
Wakil Bendahara : Ayub Kesuma Siregar

BIDANG-BIDANG
1. Bidang Organisasi : Sofyan Siahaan, S.Sos
2. Bidang Hukum dan Advokasi Wartawan : Rianto Aghly,SH
3. Bidang Pendidikan dan Pengembangan SDM
4. Bidang Hubungan antar lembaga dan Kesekretariatan.(maris/ril/hm02)

Related Articles

Latest Articles