19.1 C
New York
Thursday, August 8, 2024

RSUP H Adam Malik Medan, RS yang Memiliki Gedung Pelatihan Telerobotic Surgery di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sedang mempersiapkan dan mengembangkan pusat pelatihan telerobotic surgery dan salah satunya ada di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kemenkes RI, dr Azhar Jaya mengatakan pusat pelatihan telerobotic surgery ini hanya ada 4 di Indonesia.

“Di Indonesia hanya ada 4, seperti Jawa barat, Yogyakarta, Sumatera Utara (Medan) dan Sulawesi Selatan (Makassar),” katanya usai peresmian Gedung Pelatihan Telerobotic Surgery RSUP H Adam Malik, Kamis (8/8/24).

Baca juga : Gedung Pelatihan Telerobotic Surgery RSUP H Adam Malik Medan Diresmikan

Ia menjelaskan pemilihan 4 provinsi tersebut sebagai tempat pelatihan telerobotic surgery.

“Kami melihat mereka (provinsi terpilih) memiliki SDM yang besar dan letaknya strategis untuk membantu pendidikan telerobotic surgery bagi provinsi-provinsi lainnya di Indonesia,” jelas Azhar.

Baca juga : Dirjen Yankes Dukung Transformasi RS Adam Malik Dalam Bedah Jantung

Hal itu bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) sebelum teknologi robotic surgery tersebut datang.

“Tentu saja SDM-nya harus kita persiapkan, sebelum nanti istilahnya peralatan robotic surgery-nya datang. Kalau peralatannya sudah datang, kita siap dan tinggal go (jalankan). Terlepas dari alatnya yang mahal, tidak ada gunanya jika tenaga SDM-nya belum siap,” pungkasnya. (berry/hm18)

Related Articles

Latest Articles