19.2 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Prediksi Debat Cawapres, Pengamat: Jokowi Akan Terus Disebut

“Di antara mereka mungkin ada yang berusaha mencari rumusan pertanyaan “paling aman” agar tidak terlalu membahayakan posisi Joko Widodo. Mengapa begitu? Kesebelas panelis itu dipilih dan ditentukan oleh KPU. Betapa pun demokrasi ingin melakukan totalitas pendiskusian tanpa rambu-rambu “tabu” (seperti adanya kisi-kisi pada debat pilpres 2019), tentu saja hal itu mustahil tak bertolak dari kondisi hari ini,” jelasnya.

Ia menyoroti kualitas debat akan terpengaruh jika pertanyaan-pertanyaan didasarkan pada asumsi bahwa Indonesia tidak memiliki masalah serius.

Panelis pun disadari perbaikan Indonesia 5 tahun ke depan tidak hanya bergantung pada kinerja satu orang capres, tetapi melibatkan asumsi dan keyakinan subjektif masing-masing panelis tentang peran mereka dalam perkembangan Indonesia.

Baca juga : Simak Informasi Lengkap Debat Perdana Cawapres 2024

“Mari mengembalikan ingatan kepada suasana debat pertama itu. Prabowo Subianto terlihat menempatkan diri sebagai bumper untuk Joko Widodo dan berusaha memuji. Ada kepentingan meraih insentif elektoral,” ujarnya.

Shohibul juga menyoroti interaksi Prabowo Subianto yang terlihat sebagai pendukung Joko Widodo dalam upaya membangun elektabilitas.

“Ini menunjukkan bahwa dalam persaingan Pilpres kali ini, pengaruh Joko Widodo masih sangat signifikan bagi jumlah pemilih terbesar. Ia dan timnya tentu telah beroleh kepastian bahwa dalam rivalitas pilpres kali ini pengaruh (wajar atau tak wajar, etis atau tak etis) Joko Widodo masih sangat kuat untuk memikat jumlah pemilih terbesar,” tandasnya. (khairul/hm18)

Related Articles

Latest Articles