-1.7 C
New York
Sunday, February 25, 2024

Pj Gubernur Sumut Dorong Daya Saing BPD Melalui 3 Aspek Kunci

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin memaparkan tiga aspek kunci yang mendorong peningkatan daya saing Bank Pembangunan Daerah (BPD) yakni modal, digitalisasi, dan kepemimpinan.

Mengenai permodalan, Pj Gubernur mengingatkan BPD untuk tidak hanya mengandalkan pemerintah daerah, melainkan menghimpun dana pihak ketiga, termasuk dari tabungan berbiaya murah. Dengan meningkatkan efisiensi dan daya saing, BPD diharapkan bisa terus berkembang.

“Perkuat permodalan, tingkatkan kapabilitas teknologi digital, dan pahami arti kepemimpinan yang mampu beradaptasi dengan situasi menjadi kunci sukses BPD dalam meningkatkan daya saing,” kata Hassanudin dalam Seminar dan Musyawarah Nasional Forum Komunikasi Dewan Komisaris (FKDK) BPD seluruh Indonesia di Medan di Medan, Kamis (7/12/23).

Baca juga: Soal Honor Wakil Ketua BPD, Kades Simempar di Deli Serdang Merasa Dikerjai Warganya

Ia juga menekankan, hubungan emosional yang baik dengan masyarakat, ditambah dengan pelayanan prima akan membangun kecintaan terhadap bank daerah. Pemda sebagai pemegang saham mendorong aktivitas BPD untuk menghimpun dana dari masyarakat.

Pada era transformasi digital, Pj Gubernur menyoroti pentingnya perbankan mengikuti perkembangan teknologi dan menciptakan nilai tambah bagi nasabah dengan layanan yang murah, cepat, aman, dan nyaman.

“Kunci suksesnya transformasi digital terletak pada perubahan mindset segenap pemangku kepentingan untuk memiliki digital mindset,” tegasnya.

Baca juga: Asosiasi BPD Desak Tunjangan Anggota BPD Simempar Dikembalikan

Selain itu, aspek kepemimpinan diakui sebagai faktor krusial dalam memastikan daya saing BPD. Kepemimpinan yang transformatif dan situasional dianggap sebagai kunci keberhasilan dalam menghadapi dinamika bisnis saat ini.

Komisaris Utama PT Bank Sumut, Afifi Lubis, menambahkan, pelaksanaan musyawarah dan seminar nasional FKDK bukan hanya sebagai ajang silaturahmi, tetapi juga wadah bagi dewan komisaris untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan peran BPD dalam dunia perbankan.

Sejumlah pejabat dan komite perbankan turut hadir dalam acara ini, menunjukkan dukungan terhadap upaya meningkatkan peran BPD dalam pembangunan dan perekonomian daerah. (Hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles