26.9 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Penyebab Kebakaran Hutan di Samosir Disebabkan Ladang Berpindah

Medan, MISTAR.ID

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sumut mengungkap dugaan sementara penyebab kebakaran hutan dan lahan di Siarubung atau Dolok Sijonaha, Desa Sipitu Dai, Kabupaten Samosir diakibatkan oleh ladang berpindah.

Adapun ladang berpindah merupakan sebuah teknik yang dilakukan untuk proses pembukaan lahan dalam luas tertentu dengan menebang dan membakar hutan, kemudian ditanami dengan berbagai tanaman pangan seperti padi, jagung, ataupun singkong.

“Penyebab peladang berpindah,” ujar Kadis LHK Sumut, Yuliani Siregar, Selasa (16/7/24) sore.

Meski begitu, Yuliani mengatakan pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian terkait adanya kemungkinan dugaan penyebab lainnya. “Iya, kita tetap berkordinasi,” ungkapnya.

Baca Juga : Polres Simalungun Selidiki Penyebab Kebakaran Lahan 10 Hektar di Dolok Maria

Yuliani kembali memperbarui keterangannya terkait jumlah luas lahan yang terbakar. Sebelumnya dirinya menyebut ada sekira 100 hektar lahan yang terbakar, namun sore ini dirinya mengatakan lahan yang ludes sekira 250-300 hektar.

“Perkiraan luas yang terbakar 250 hingga 300 hektar, tutupan lahannya semak belukar, hutan pinus dan pertanian lahan kering,” ujarnya.

Dirinya menyebut lahan tersebut sempat kembali memunculkan api siang tadi, namun kini api sudah dapat dikendalikan.

“Tadi dapat laporan melalui KKPH, bahwa akibat angin kencang api kembali timbul pada pukul 12.30 WIB di sekitar kantor Kepala Desa Boho, Kecamatan Sianjurmulamula di bagian puncak bukit dan tidak terjangkau pemadaman,” ungkapnya.

“Namun sudah bisa dikendalikan, api relatif sudah padam, namun paling masih terlihat asap usai kebakaran itu,” pungkasnya. (iqbal/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles