19.4 C
New York
Friday, June 7, 2024

Pegadaian Medan Beri Kemudahan Masyarakat Akses Gadai Tanpa Bunga

Medan, MISTAR.ID

PT Pegadaian Medan meluncurkan program untuk memberi kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan dana. Untuk kebutuhan mendadak masyarakat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan akses gadai tanpa bunga atau bunga 0% bagi yang membutuhkan.

Pemimpin Wilayah I Pegadaian Medan, Arief Rinardi Sunardi mengatakan program ini bertujuan untuk solusi masyarakat yang memerlukan biaya sekolah, tambahan modal kerja serta kebutuhan lain yang dihadapi.

“Selain itu, dengan layanan ini diharapkan dapat menghindarkan masyarakat dari pinjaman online (pinjol) ilegal yang marak di tengah-tengah masyarakat,” kata Arief, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: OJK Ingatkan Pentingnya Pegadaian Swasta Harus Berizin

Adapun untuk layanan gadai tanpa bunga ini, dijelaskan Arief dapat diakses di outlet Pegadaian Syariah dengan nama Rahn Hasan, sedangkan di outlet Pegadaian konvensional dengan nama Gadai Peduli.

“Gadai tanpa bunga ini berlaku untuk masyarakat Sumatera Utara hingga wilayah Nangroe Aceh Darussalam dan berlaku sampai dengan 31 Agustus 2023 saja,” imbuhnya.

Adapun syarat mendapatkan akses gadai tanpa bunga ini khusus kepada masyarakat yang baru pertama kali bertransaksi dengan Pegadaian atau nasabah baru.

Baca Juga: Butuh Dana Pendidikan Jelang Ajaran Baru, Nasabah Banyak Gadaikan Emas ke Pegadaian

Sedangkan untuk barang yang dapat dijadikan jaminan gadai tanpa bunga ini antara lain, emas, handphone, laptop, tablet, kamera, televisi atau barang elektronik lainnya.

“Dan pada nasabah yang sudah tidak melakukan transaksi (nasabah inaktif) terhitung sejak 31 Desember 2022,” jabarnya.

Sementara untuk nilai pinjaman gadai yang diberikan maksimal sampai Rp2,5 juta. Masa bebas bunga diberikan sampai jangka waktu pinjaman 60 hari sejak transaksi dilakukan untuk produk Gadai/Rahn Reguler. Sementara untuk Gadai/Rahn Flexi masa bebas bunga diberikan sampai 30 hari. (Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles